Gubernur Jateng Ganjar Pranowo 'Lirik' Esemka Jadi Mobil Dinas
Instagram/ganjar_pranowo
Nasional

Tak hanya digunakan sebagai kendaraan dinasnya, Ganjar juga berencana mendorong seluruh pejabat di lingkungan Jawa Tengah untuk menggunakan Esemka sebagai mobil dinas mereka.

WowKeren - Mobil produksi dalam negeri Esemka akhirnya resmi diluncurkan kemarin, Jumat (6/9) siang. Mobil yang diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi itu diluncurkan bersamaan dengan peresmian pabrik perakitannya di Boyolali, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Esemka langsung memperkenalkan dua tipe pikap, yakni Bima 1.2 dan Bima 1.3. Peluncuran dua tipe kendaraan ini pun disambut meriah sejumlah pihak, salah satunya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bahkan, Ganjar mengaku siap menggunakan mobil Esemka sebagai kendaraan dinasnya. Langkah ini, jelas Ganjar, merupakan wujud dukungannya terhadap karya anak bangsa.

"Saya melihat, ada mobil niaga yang sudah jadi. Tentu ini langkah positif yang akan terus kita dorong," ujar Ganjar di Semarang, Jumat (6/9) petang. "Saya sih tidak sabar menunggu produk terbaru yang non-niaga, seperti SUV dan produk lain. Saya pengin cepat beli dan merasakan mobil hasil karya anak bangsa."

Lebih lanjut, Ganjar mengaku siap menggunakan produk Esemka sebagai kendaraan dinasnya apabila perusahaan tersebut sudah memproduksi mobil penumpang. Ia pun akan mendorong agar seluruh pejabat di lingkungan Jateng untuk melakukan hal yang sama.


"Tidak hanya di Jateng, daerah lain hingga kementerian juga akan saya dorong menggunakan mobil Esemka," katanya, dilansir Republika. "Agar bisa dipakai untuk kepentingan nasional."

Ganjar pun menyatakan siap mendorong agar mobil niaga buatan dalam negeri ini bisa dimanfaatkan para pelaku UKM. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Esemka sendiri, yakni menggerakkan roda perekonomian daerah.

"Kami akan mulai dengan menjadikan mobil niaga Esemka ini untuk kepentingan bantuan kita kepada kelompok tani, nelayan, dan pelaku UKM," jelasnya. "Langkah-langkah ini penting dilakukan sebagai upaya menjadikan Esemka sebagai mobil nasional."

Sementara itu, peluncuran Esemka juga tak lepas dari berbagai isu miring. Salah satu yang tengah ramai dibicarakan adalah isu Esemka menjiplak desain mobil pikap buatan Tiongkok, Changan Star Truck.

Isu ini pun begitu ramai dibicarakan di media sosial Twitter, hingga membuat tagar terkait memuncaki daftar Trending Topic Indonesia pada Sabtu (7/9). Namun hingga berita ini ditulis, masih belum ada klarifikasi resmi dari pihak Esemka.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru