Transjakarta Tambah Rute Baru Antisipasi Perluasan Ganjil Genap
Nasional

Transjakarta menambah sejumlah rute baru untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang terkait perluasan ganjil genap yang mulai diterapkan pada hari ini.

WowKeren - Pemerintah Kota DKI Jakarta mulai memberlakukan perluasan ganjil genap pada hari ini Senin (9/9). Perluasan ganjil genap ini membuat pihak Transjakarta menambah sejumlah rute baru untuk mengantisipasi lonjakan jumlah penumpang.

Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta Prasetia Budi menjelaskan soal rencana penambahan beberapa rute baru di sejumlah ruas jalan yang terkena imbas perluasan ganjil genap. Menurutnya prediksi kenaikan jumlah penumpang ini didasari setelah melihat tren 20 hari uji coba perluasan ganjil genap yang diterapkan Pemprov DKI dari 12 Agustus hingga tanggal 6 September lalu.

Kenaikan penumpang Transjakarta setelah adanya kebijakan ganjil genap ini mencapai 3,95 persen. Prasetia Budi mengatakan jumlah kenaikan penumpang tertinggi terjadi di rute Bundaran Senanyan-Harmoni (GR1).

"Hampir di seluruh rute Transjakarta yang dilalui rute ganjil genap mengalami kenaikan 3,95 persen," kata Budi Praseria melalui keterangan tertulisnya, Minggu (8/9). "Rute GR1 (bus gratis) selama sosialisasi ganjil genap ini terjadi kenaikan jumlah pelanggan sebanyak 8,2 persen."


Pihaknya lalu menambahkan 48 rute baru demi mengantisipasi lonjakan penumpang dimana 21 akan dilalui Bus Rapid Transit (BRT), 23 rute non BRT dan 4 rute tambahan bus Mikrotrans. Budi juga mengatakan Transjakarta akan menambah halte-halte berkapasitas kecil dan membuka layanan park and ride. Selebihnya ia meminta masyarakat untuk melihat informasi rute-rute layanan Transjakarta yang melewati area perluasan ganjil genap melalui media sosial.

"Kami akan menambahkan bus di setiap rute untuk antisipasi kenaikan pelanggan di beberapa rute dari jumlah renops (rencana operasi) yang sebelumnya pada hari kerja. Kami sudah menyiapkan total 48 rute yaitu 21 rute BRT, 23 rute non-BRT dan 4 rute tambahan Mikrotrans di setiap segmen wilayah yang terimbas ganjil genap," kata Prasetia. "Kami akan memberikan informasi rute serta park and ride terdekat dengan layanan Transjakarta yang melayani di area perluasan ganjil genap melalui medsos dan lain-lain."

Budi Prasetia berharap dengan menambah rute Transjakarta dapat membuat penumpang yang terimbas perluasan ganjil genap agar tetap dapat melakukan aktivitas sehari-harinya dengan aman dan nyaman. Ia juga optimis dengan kebijakan ini maka dapat mendorong warga Jakarta untuk lebih sering menggunakan transportasi publik.

"Kami optimis dapat memfasilitasi pengguna kendaraan pribadi yang terimbas kebijakan ini dan memiliki berbagai aktivitas di ibu kota untuk menggunakan layanan Transjakarta dengan aman dan nyaman," kata Prasetia. "Mudah-mudahan kebijakan ini dapat membawa masyarakat untuk naik transportasi publik."

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts