Jokowi Dikabarkan Hanya Undang Tokoh Papua Eks Timses, Ini Kata Istana
Instagram/jokowi
Nasional

Sebanyak 61 tokoh Papua diundang oleh Presiden Joko Widodo ke Istana Negara pada Senin (10/9) siang. Dalam kesempatan tersebut, para tokoh diminta menyampaikan aspirasi mereka demi kemajuan Papua.

WowKeren - Hari ini, Selasa (10/9), Presiden Joko Widodo mengundang 61 tokoh Papua ke Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Hal ini dilakukan agar Jokowi bisa mendengarkan aspirasi masyarakat Papua dan mencarikan solusi paling memadai.

Namun rupanya pertemuan itu pun diguncang isu tak sedap. Pasalnya Jokowi disebut-sebut hanya mengundang para tokoh Papua yang pernah menjadi tim suksesnya kala Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 kemarin.

Informasi ini berawal dari pengakuan ketua rombongan tersebut, Abisai Rollo. Ditemui usai bertemu Jokowi, Abisai mengaku bahwa dirinya merupakan Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma'ruf Amin untuk Kota Jayapura. "Iya, ketua timses," jawabnya, Selasa (10/9).

Menanggapi hal tersebut, pihak Istana pun buka suara. Staf Khusus Presiden, Adita Irawati, menyatakan hal tersebut hanya kebetulan belaka. Menurutnya, tak mungkin Jokowi sengaja hanya mengundang tokoh yang pernah mendukungnya.

"Saya rasa mungkin kebetulan saja ya. Nggak mungkin lah dalam konteks sekarang Bapak hanya mengundang yang sudah mendukung beliau," ujar Adita, dilansir Detik News. "Pasti kan (yang diundang) semua yang ada (kaitannya) lah, harusnya demikian. Ini kebetulan saja mungkin."


Kendati demikian, Adita mengaku tak mengetahui detail profil para tokoh yang diundang Jokowi siang ini. Ia pun menyerahkan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk menjawab pertanyaan tersebut.

"Yang paling pas menjawab sebenarnya Pak Pratik," tegasnya. "Saya kan nggak mendampingi."

Sementara itu, sosok Abisai memang cukup menuai perhatian usai pertemuan tersebut digelar. Pasalnya Ketua DPRD Kota Jayapura itu mengaku siap memberikan sepuluh hektare tanahnya demi merealisasikan pembangunan Istana Kepresidenan di Papua.

Hal ini ia sampaikan usai menyampaikan permintaannya agar Jokowi membangun Istana Kepresidenan di Jayapura, Papua. Abisai pun berharap agar permintaannya ini bisa segera direalisasikan sehingga Jokowi dapat menjadi kepala negara pertama yang "mencicipi" istana di ujung timur Indonesia itu.

Permintaan ini pun lantas disetujui Jokowi. Jokowi mengaku siap membangun Istana Kepresidenan di Papua mulai tahun depan.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru