Rusia Janjikan Dukung Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Baru Indonesia
Nasional
Ibu Kota Baru Indonesia

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa Rusia akan mendukung proses pembangunan infrastruktur ibu kota baru di Indonesia yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur.

WowKeren - Sejak 2003 Indonesia dan Rusia telah menjalin hubungan kemitraan yang komperhensif. Saat ini Indonesia dan Rusia tengah menjalin hubungan kerjasama dalam proyek Russian Railways di Kalimantan Tengah. Proyek tersebut diperuntukkan sebagai transportasi batu bara di sana.

Saat Indonesia merencanakan pemindahan ibu kota negara, Rusia pun mengapresiasi hal tersebut. Bahkan Presiden Joko Widodo sendiri mengatakan pada akhir Agustus lalu bahwa Rusia akan mendukung rencana pemerintah Indonesia untuk memindahkan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur.


Sementara itu, bentuk dari dukungan Rusia itu diperjelas oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. Ia mengatakan bahwa Rusia akan memberikan dukungan terhadap infrastruktur pemindahan ibu kota. Hal tersebut dikatakannya usai melakukan pertemuan dengan Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia Maksim Oreshkin di Bangkok pada Selasa (10/9).

"Pihak Rusia mempertanyakan hal yang masih tertunda dan ditanyakan Rusia yakni proyek Russian Railways dari Kalimantan Tengah, untuk kereta batu bara," kata Enggar yang dikutip Antara pada Selasa (10/9). "Namun Rusia juga menyampaikan akan memberikan dukungan terhadap infrastruktur yang lain, apalagi terkait pemindahan ibu kota."

Sementara itu saat ditemui pada Rabu (4/9) minggu lalu dalam taklimat media di Jakarta, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva mengatakan bahwa Rusia juga akan memindahkan kedutaan besarnya di Kalimantan Timur. Selain itu, ia juga bercerita bahwa dulunya Rusia juga pernah melalukan pemindahan ibu kota negara dari Saint Petersburg ke Moskow.

"Indonesia adalah negara berdaulat yang berhak memindahkan ibu kotanya ke mana pun," katanya kepada awak media. "Apabila ibu kota akan pindah ke Kalimantan dan Kemlu (RI) akan pindah ke Kalimantan, saya kira kami tidak punya pilihan dan akan memindahkan kedutaan besar ke Kalimantan. Tapi saat ini masih sulit (menentukan) kapan akan pindah, mengingat lokasi Kalimantan yang juga cukup jauh."

Hubungan diplomatik Indonesia dengan Rusia memang berjalan cukup baik. Presiden Rusia yakni Vladmir Putin sendiri dijadwalkan akan mengunjungi Indonesia pada awal 2020 untuk memperingati 70 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Rusia. Menjelang perayaan tersebut, keduanya telah mempersiapkan sejumlah nota kesepahaman untuk ditandatangani, salah satunya mengenai peningkatan hubungan bilateral menjadi kemitraan strategis.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts