Kemenkominfo Masih Blokir Akses Internet 4 Area Di Papua
Nasional

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) masih memblokir akses internet di empat wilayah Papua dan Papua Barat walaupun kerusuhan sudah tidak terjadi lagi.

WowKeren - Kondisi yang sudah mulai berangsur-angsur kondusif membuat Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mulai membuka akses internet di wilayah Papua dan Papua Barat. Sebelumnya, Kemenkominfo telah melumpuhkan akses internet di Papua dan Papua Barat menyusul terjadinya kerusuhan demi mencegah terjadinya berita hoaks yang dinilai dapat semakin memanaskan situasi.

Kemenkominfo mulai membuka sejumlah akses di wilayah Papua dan Papua Barat secara bertahap. Plt Kepala Biro Humas Kemenkominfo Ferdinandus Setu menjelaskan jika saat ini masih ada empat wilayah di Papua dan Papua Barat yang masih dilakukan pemblokiran akses internet karena masih dilakukan pemantauan lebih lanjut dalam satu hingga dua hari ke depan.

Keempat wilayah yang masih terkena pembatasan internet terbagi masing-masing di dua provinsi yaitu Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Pada Provinsi Papua terdapat dua wilayah yaitu Kabupaten Jayapuran dan Jayapura sementara pada Provinsi Papua Barat wilayah yang masih terkena pemblokiran internet adalah Manokwari dan Sorong.


"Pembukaan secara bertahap dilakukan sejak Rabu (4/9) dan terus berlanjut hingga Senin (9/9)," kata Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu berdasarkan rilis yang diterima di Jakarta, Senin (9/9/2019). "Sementara keempat kota ini masih harus terus dipantau situasinya dalam 1 atau 2 hari ke depan."

Ferdinandus Setu juga menjelaskan sejumlah wilayah yang sudah dipulihkan oleh Kemenkominfo akses internetnya. Akses internet yang telah dipulihkan tersebut meliputi 27 wilayah dari dari 29 kabupaten atau kota di Papua yaitu Kabupaten Keerom, Puncak Jaya, Puncak, Asmat, Boven Digoel, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Intan Jaya, Yalimo, Lanny Jaya, Mappi, Tolikara, Nduga, Supiori, Waropen, Merauke, Biak Numfor, Yapen, Sarmi, Paniai, Dogiyai, Deiyai, Pegunungan Bintang, Yahukimo, Nabire, Jayawijaya dan Mimika.

Sementara itu dari Papua Barat terdapat 13 kabupaten atau kota yang akses internetnya sudah mulai kembali normal. Wilayah tersebut meliputi 11 kabupaten yakni, Kabupaten Fak Fak, Sorong Selatan, Raja Ampat, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kaimana, Tambrauw, Maybrat, Manokwari Selatan, Pegunungan Arfak dan Kabupaten Sorong. Nando juga menyebut kondisi keamanan di Kabupaten Jayawijaya dan Kabupaten Mimika yang sebelumnya masih dalam pantauan kini sudah berangsur kondusif.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru