Mau Perjalanan Liburan Nyaman dengan Kereta Api Kelas Ekonomi? Terapkan Saja 8 Tips Ini
Travel

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar perjalanan liburan menggunakan kereta api kelas ekonomi berlangsung aman dan nyaman. Mau tahu apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Liburan adalah salah satu kegiatan yang sangat penting untuk dilakukan. Karena tubuh dan pikiran kita membutuhkan istirahat dari berbagai rutinitas harian yang melelahkan.

Untuk pergi berlibur, terutama jarak jauh, seseorang biasanya memilih angkutan umum seperti kereta api. Hal ini dikarenakan mereka bisa beristirahat selama perjalanan untuk menyiapkan stamina di tempat tujuan.


Selain itu, tidak sedikit orang yang memilih kereta api kelas ekonomi. Karena harga tiket kereta api kelas ekonomi biasanya lebih terjangkau, sehingga kita bisa menyisakan lebih banyak uang untuk digunakan saat berlibur.

Tapi tidak dapat dipungkiri jika kereta api kelas ekonomi memiliki perbedaan dengan kelas bisnis yang bisa berpengaruh pada kenyamanan kamu. Meski demikian, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar perjalanan liburanmu dengan kereta ekonomi semakin menyenangkan dan asyik.

Mau tahu cara apa saja yang bisa kamu lakukan agar memiliki perjalanan yang aman dan nyaman menggunakan kereta ekonomi? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Perhatikan Jadwal Keberangkatan Kereta Api dan Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari


Perhatikan Jadwal Keberangkatan Kereta Api dan Pesan Tiket Jauh-Jauh Hari

Hal pertama yang hendaknya kamu perhatikan jika ingin berlibur menggunakan kereta api kelas ekonomi adalah soal jadwal keberangkatan. Sebaiknya pilih kereta dengan jadwal keberangkatan yang tidak terlalu mepet dengan hari pertama liburanmu, agar kamu bisa beristirahat sebelumnya.

Setelah memastikan jadwal keberangkatan, sebaiknya langsung pesan tiket jauh-jauh hari, baik secara online maupun datang langsung ke stasiun. Jangan sampai membeli tiket di hari keberangkatan jika tak ingin kehabisan dan malah liburanmu tertunda. Selain itu, usahakan untuk datang ke stasiun lebih awal agar tidak sampai ketinggalan kereta ya.

2. Pilih Tempat Duduk yang Dekat Jendela dan Sebaiknya Hindari AC


Pilih Tempat Duduk yang Dekat Jendela dan Sebaiknya Hindari AC

Jika kamu memesan tiket kereta jauh-jauh hari, kamu bisa memilih tempat duduk yang kamu inginkan. Demi kenyamanan, sebaiknya pilih tempat duduk yang dekat dengan jendela. Hal ini dikarenakan kita mungkin akan merasa bosan selama perjalanan jauh di dalam kereta. Karena itu, salah satu langkah tepat untuk mengatasi bosan adalah dengan melihat pemandangan melalui jendela. Selain itu, duduk dekat jendela juga bisa membuatmu lebih nyaman karena jauh dari jalan tengah kereta yang biasa dilalui orang-orang.

Hal lain yang perlu kamu perhatikan adalah sebaiknya hindari tempat duduk yang berdekatan atau terdampak AC secara langsung. Saat ini kereta api kelas ekonomi sudah dilengkapi dengan AC hingga 3-4 buah tiap gerbong. Karena itu, di dalam kereta bisa sangat dingin, apalagi jika kamu berdekatan dengan AC. Tapi jika terlanjur berdekatan dengan AC, sebaiknya gunakan jaket, selimut atau kaus kaki ya agar tidak sampai masuk angin selama perjalanan.

3. Minimalisir Barang Bawaan Saat Melakukan Perjalanan dengan KA Kelas Ekonomi Ya


Minimalisir Barang Bawaan Saat Melakukan Perjalanan dengan KA Kelas Ekonomi Ya

Tips berikutnya yang harus kamu perhatikan adalah soal barang bawaan. Sebaiknya jangan membawa terlalu banyak barang ketika pergi berlibur, apalagi jika kamu menggunakan transportasi umum seperti kereta api. Apalagi jika kamu memilih kelas ekonomi, jangan membawa terlalu banyak tas, jika ingin kebagian bagasi.

Kenapa demikian? Tentu saja kamu akan kesulitan untuk meletakkannya di atas kabin Jangan sampai barang bawaan kamu harus diletakkan di tempat yang seharusnya kamu gunakan untuk memijakkan kaki. Dan jika kamu hanya membawa satu tas kecil, manfaatkan saja tas itu sebagai bantal ketika kamu ingin beristirahat.

4. Melakukan Perjalanan Jauh dengan KA Kelas Ekonomi? Jangan Lupa Bawa Bekal dan Bantal Tidur Ya


Melakukan Perjalanan Jauh dengan KA Kelas Ekonomi? Jangan Lupa Bawa Bekal dan Bantal Tidur Ya

Kursi di kereta ekonomi tentu berbeda dengan yang ada di kelas bisnis maupun eksekutif. Kursi kereta kelas ekonomi biasanya berhadap-hadapan dengan tekstur yang keras, sehingga bisa membuat kurang nyaman untuk tidur selama perjalanan panjang. Tapi tenang, jika ingin perjalananmu tetap nyaman kamu bisa mengakalinya. Sebab kamu hanya harus membawa bantal tidur sendiri atau menyewa bantal yang disediakan oleh petugas kereta.

Selain itu, usahakan juga untuk membawa bekal sendiri ya. Baik makanan berat, ringan maupun minum. Hal ini dikarenakan harga makanan di dalam kereta relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan makanan di luar. Tapi pastikan juga makanan yang kamu bawa tidak mudah basi, agar bisa bertahan dalam waktu yang lama.

5. Atasi Rasa Bosan dengan Membaca Buku atau Mendengarkan Musik selama Perjalanan


Atasi Rasa Bosan dengan Membaca Buku atau Mendengarkan Musik selama Perjalanan

Perjalanan panjang dengan kereta api memang bisa membuat siapapun mudah bosan. Karena itu, sebaiknya lakukan kegiatan yang bisa mengusir rasa bosan selama perjalanan saat di dalam kereta. Lakukan berbagai kegiatan menyenangkan seperti membaca buku, mendengarkan musik atau menonton film dari ponsel.

Kalau kamu suka memotret, manfaatkan saja ponsel atau kameramu untuk memfoto pemandangan yang indah. Selain itu, lakukan juga peregangan otot agar badan tidak pegal, misalnya dengan berjalan di lorong sesekali.

6. Jangan Tinggal Tidur Ponsel yang Dicharge dan Letakkan Barang Berharga di dalam Tas


Jangan Tinggal Tidur Ponsel yang Dicharge dan Letakkan Barang Berharga di dalam Tas

Selalu berhati-hati dengan barang bawaan yang kamu bawa ya. Karena kita tidak tahu apa orang asing yang duduk di sebelah kita memiliki niat jahat atau tidak. Karena itu, usahakan untuk meletakkan barang berharga kalian di dalam tas ya di bagian yang paling aman. Dan sebaiknya selalu peluk tas kalian yang berisi barang-barang berharga tersebut.

Selain itu, sebaiknya jangan tinggal tidur ponsel yang sedang diisi dayanya. Karena sekali lagi, kita tidak benar-benar tahu orang yang duduk di sebelah kita benar-benar orang baik apa tidak. Intinya selalu berhati-hati dan jangan lengah.

7. Jangan Terlalu Banyak Minum, Karena Toilet di Kereta Api Kelas Ekonomi Kurang Nyaman


Jangan Terlalu Banyak Minum, Karena Toilet di Kereta Api Kelas Ekonomi Kurang Nyaman

Minum memang kebutuhan dasar yang harus selalu kita penuhi. Tapi jika kita melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta api kelas ekonomi, sebaiknya jangan terlalu banyak minum. Hal ini untuk meminimalisir bolak-balik ke toilet.

Kenapa demikian? Karena toilet yang ada di kereta api kelas ekonomi masih kurang nyaman. Namanya juga toilet umum, kadang masih kurang terjaga kebersihannya dan agak bau pesing. Selain itu, buang air saat kereta sedang jalan juga tentu tidak nyaman bukan?

8. Bersikap Ramah dan Jangan Cuek dengan Penumpang Lain di Dalam Kereta


Bersikap Ramah dan Jangan Cuek dengan Penumpang Lain di Dalam Kereta

Karena akan melakukan perjalanan jauh, sebaiknya sapa penumpang yang duduk di samping atau depan kamu. Jangan takut jika dianggap sok kenal. Karena mereka juga penumpang biasa sama halnya denganmu. Jika tidak terbiasa menyapa duluan, coba saja untuk bersikap sopan dengan tersenyum.

Dengan bersikap ramah dan tidak cuek, kamu bisa jadi bagian dari suasana kereta api kelas ekonomi yang merakyat. Selain itu, tidak perlu malu atau canggung jika ingin merebahkan badan atau tidur di kursimu sendiri. Buat dirimu senyaman mungkin dan jangan sampai mengganggu orang lain.

Demikian delapan tips liburan aman dan menyenangkan menggunakan kereta api kelas ekonomi yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga delapan tips ini jika kalian ingin liburan menyenangkan bareng anak. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan milik luar negeri.

You can share this post!

Related Posts
Loading...