BJ Habibie Tutup Usia, Indonesia 'Dipenuhi' Pesawat Kertas
SerbaSerbi

Lewat pembuatan dan penerbangan pesawat kertas, sejumlah siswa SD berikut mengenang jasa-jasa BJ Habibie semasa hidupnya, terutama dalam dunia dirgantara Indonesia.

WowKeren - Sosok Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie memang selalu identik dengan dua hal. Yakni sebagai Presiden ke-3 Republik Indonesia serta The Founding Father dalam industri penerbangan Indonesia.

Sehingga rasanya tak salah apabila gelar "Bapak Dirgantara Indonesia" disematkan kepada almarhum. Gelar inilah yang lantas menginspirasi sejumlah siswa berikut dalam rangka mengenang kepergian Habibie.

Dilansir dari Detik News, ada dua sekolah dasar yang membuat serta menerbangkan pesawat kertas demi mengenang jasa Habibie. Yakni SD 1 Enrekang, Sulawesi Selatan dan SD Mangkujayan 1 Ponorogo, Jawa Timur.

Di UPT SD 1 Enrekang, para siswa diketahui memulai harinya dengan mendoakan almarhum Habibie. "Kebetulan sekali hari ini siswa kelas VI belajar tematik tentang tokoh dan penemuannya. Salah satu yang dibahas adalah BJ Habibie. Makanya kita sempatkan berdoa untuk beliau," kata salah satu guru, M Haris Syah.

Selepas doa bersama itulah, para siswa lantas membuat pesawat kertas untuk mengenang Habibie. Pada sisi kertas, siswa menulis berbagai hal tentang Habibie, mulai dari doa hingga puisi.


"Para siswa mengidolakan dan menjadikan Habibie teladan," ungkap Haris. "Semoga di antara mereka kelak ada yang mengikuti jejak kesuksesan beliau."

Di Ponorogo, pesawat-pesawat kertas buatan para siswa bahkan turut diterbangkan. Sekitar 500 siswa SD Mangkujayan 01 Ponorogo tampak berkumpul di lapangan untuk membuat dan menerbangkan pesawat kertas tersebut.

"Kegiatan ini dalam rangka untuk mengenang jasa beliau. Sekaligus bentuk duka cita atas meninggalnya BJ Habibie," jelas sang kepala sekolah, Sri Bidayati. "Kami juga ikut mendoakan dan menunaikan salat gaib bersama untuk beliau."

Sri pun berharap agar sosok Habibie terus menjadi teladan bagi setiap siswa kendati raganya sudah tak lagi di dunia. Apalagi karena sosok Habibie yang begitu inovatif dan berperan besar dalam kemajuan dunia dirgantara Indonesia.

"Anak-anak bisa belajar karakter orang hebat," pungkasnya. "BJ Habibie orang hebat yang bisa membuat pesawat terbang, anak-anak bisa mengenang dengan cara menerbangkan pesawat sederhana."

Untuk diketahui, BJ Habibie mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB. Jenazah lantas disemayamkan di rumah duka dan akan dikebumikan di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, pada Kamis (12/9) sekitar pukul 13.30 WIB.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru