Frans Magnis Suseno Kenang Habibie, Kagumi Elegansi Presiden ke-3
Nasional
BJ Habibie Meninggal Dunia

Bagi budayawan Frans Magnis Suseso, Bacharuddin Jusuf Habibie merupakan sosok teladan yang baik tentang bagaimana seseorang menangani kekuasaan secara kesatria dan elegan.

WowKeren - Budayawan Frans Magnis Suseno menyampaikan kekagumannya pada sosok Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie alias BJ Habibie. Menurutnya, Habibie adalah sosok paling mengagumkan yang pernah ia temui semasa hidupnya.

"Bagi saya, Pak Habibie adalah salah satu orang paling penting," kata pria yang akrab disapa Romo Magnis tersebut usai melayat ke rumah duka BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (12/9). "Paling mengesankan dan paling mengagumkan yang pernah saya temukan di dalam hidup saya."

Menurutnya, Habibie adalah sosok yang hebat karena sudah mampu menempatkan Indonesia di jalur yang tepat ketika situasi sedang mengancam dan berbahaya. Oleh sebab itu menurutnya, Indonesia beruntung bisa memiliki sosok seperti Habibie.

"Pak Habibie lah yang sesudah Pak Suharto mengundurkan diri menjadi Presiden," jelas Frans. "Dan ketika waktu itu dalam situasi gawat dan terancam dan berbahaya, Pak Habibie menempatkan Indonesia kembali ke jalur yang tepat."


Kekaguman Frans terhadap Habibie tak berhenti sampai disitu. Ia juga mengapresiasi Habibie yang mampu membuka ruang demokrasi di Indonesia. Selain itu, Frans juga sangat mengagumi sifat kesatria Habibie ketika mengundurkan diri dari jabatan presiden.

"Saya juga kagum dengan cara satria, elegan Pak Habibie mengundurkan diri dari kedudukan sebagai Presiden sesudah MPR tidak menerima laporannya," terang Frans. "Ia memberi contoh baik bagaimana seorang menangani kekuasaan."

Ia berharap agar Habibie bisa dipertemukan lagi dengan istri tercintanya, Ainun Habibie, di kehidupan selanjutnya. "Semoga ia sekarang bertemu dengan istri terkasih Bu Ainun dan berada dalam kedamaian dan kegembiraan Tuhan," pungkas Frans.

Seperti diketahui, Habibie mengembuskan napas terakhirnya pada Rabu (11/9) malam setelah menjalani perawatan intensif di RSPAD Gatot Soebroto. "Tim dokter sudah berbuat terbaiknya, tidak bisa dibuat apa-apa lagi, mohon doanya," kata putra Habibie Thareq Kemal dalam konferensi pers di RSPAD, Rabu (11/9).

(wk/zodi)

You can share this post!

Related Posts