Bisa Cerdaskan Otak hingga Redakan Stres, Ini 8 Manfaat Renang Untuk Kesehatan
Health

Berenang tidak sekedar kegiatan yang menyenangkan, tapi juga menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Mau tahu apa saja itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

WowKeren - Olahraga adalah salah satu kegiatan yang penting dilakukan jika ingin hidup dengan sehat. Olahraga sendiri memiliki beragam jenis, salah satunya adalah berenang.

Berenang sendiri merupakan jenis olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan. Olahraga satu ini juga baik untuk semua kalangan dan bisa dilakukan ramai-ramai, baik bersama teman maupun keluarga. Karena olahraga ini bisa dilakukan sambil bermain dan bersenang-senang.


Selain itu, berenang rupanya juga memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh seseorang. Sebenarnya apa saja sih manfaat renang bagi kesehatan? Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Berenang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung


Berenang Bisa Menjaga Kesehatan Jantung

Di antara manfaat renang untuk kesehatan adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan berenang dapat meningkatkan detak jantung seseorang, apalagi jika kamu berenang menggunakan gaya kupu-kupu.

Karena itu, berenang dapat menguatkan fungsi jantung dan ampuh mengurangi risiko terserang penyakit jantung. Karena itu, ada baiknya untuk rutin berenang jika ingin kesehatan jantung tetap terjaga.

2. Mau Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang? Maka Rutinlah Berenang


Mau Meningkatkan Kekuatan Otot dan Tulang? Maka Rutinlah Berenang

Untuk kamu yang memiliki rutinitas harian terlalu lama duduk tegak, maka berenang bisa kamu jadikan olahraga rutin. Karena dengan berenang, otot dan tulang bisa semakin kuat, sebab seluruh otot akan bergerak dan terbentuk sempurna. Dengan demikian, berenang dapat membangun kekuatan dan daya tahan tubuh.

Selain itu, sebuah studi menemukan manfaat renang juga terlihat pada peningkatan massa otot trisep (sisi belakang lengan atas) hingga 25 persen pada sekelompok pria. Hasil ini diperoleh setelah dilakukan program renang secara rutin selama 8 minggu.

3. Berenang Ampuh Menurunkan Berat Badan dan Membakar Kalori


Berenang Ampuh Menurunkan Berat Badan dan Membakar Kalori

Jika ingin menurunkan berat badan, kamu bisa berenang secara rutin setidaknya selama 1-2 jam per hari. Kenapa begitu? Karena manfaat lain dari renang adalah dapat membakar kalori. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa satu jam berenang dapat membakar sekitar 715 kalori.

Dan menurut para peneliti di Universitas Indiana, perbandingan antara perenang biasa dan profesional terlihat cukup mencolok. Pasalnya perenang profesional dapat menurunkan bobot pinggang dan pinggul lebih banyak. Tapi ingat, jangan sampai lupa makan sebelum berenang. Karena kamu tetap membutuhkan energi untuk berolahraga, agar tidak lemas bahkan pingsan.

4. Renang Bisa Menghilangkan Stres dan Meningkatkan Mood


Renang Bisa Menghilangkan Stres dan Meningkatkan Mood

Para peneliti melakukan survei terhadap sekelompok responden di Taipei, Tiongkok. Dari responden yang disurvei, 44 di antaranya mengalami depresi ringan dan stres. Dan setelah rutin berenang, jumlah orang yang merasa stres berkurang menjadi 8 responden. Sehingga para peneliti menyimpulkan renang dapat menghilangkan stres.

Hal ini disebabkan karena renang bisa meningkatkan suasana hati dan menurunkan tingkat stres. Ketika berenang, otot-ototmu akan mengalami peregangan dan relaksasi yang disertai dengan teknik pernafasan yang beriringan. Itulah kenapa renang bisa meningkatkan mood dan meredakan depresi.

5. Berenang Secara Rutin Rupanya Juga Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Paru-Paru Loh


Berenang Secara Rutin Rupanya Juga Bisa Membantu Menjaga Kesehatan Paru-Paru Loh

Ketika berenang biasanya kita diharuskan untuk menahan nafas, yang ternyata memiliki manfaat bagi para penderita Asma. Hal ini disebabkan karena melatih nafas saat berenang dapat meningkatkan kualitas paru-paru dan membuat kendali atas nafas menjadi lebih baik.

Karena itu, manfaat lain yang bisa didapatkan dari berenang adalah menjaga paru-paru tetap sehat. Bahkan sebuah studi di Indian Journal of Physiology and Pharmacology menemukan bahwa perenang profesional memiliki jumlah udara yang masuk dan keluar paru-paru lebih baik saat pernafasan rileks daripada pelari.

6. Punya Masalah pada Kualitas Tidur? Jika Iya, Berenang Bisa Jadi Salah Satu Solusi Tepat


Punya Masalah pada Kualitas Tidur? Jika Iya, Berenang Bisa Jadi Salah Satu Solusi Tepat

Apa kamu memiliki masalah dengan kualitas tidur harian? Jika iya, coba deh atasi masalahmu ini dengan berenang. Karena berenang secara rutin bisa membantu kamu untuk tidur malam dengan lebih nyenyak.

Dalam sebuah penelitian yang melibatkan penderita insomnia, berenang dan melakukan aerobik secara rutin terbukti mampu membantu meningkatkan kualitas tidurnya. Karena itu, masalah susah tidur mereka akhirnya dapat teratasi secara perlahan setelah mulai berenang.

7. Renang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janinnya


Renang Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janinnya

Berenang adalah salah satu olahraga yang aman dilakukan selama masa kehamilan. Hal ini dikarenakan kecilnya risiko cidera bagi ibu hamil dan janinnya. Sebab dengan berenang, ibu hamil bisa bergerak tanpa menekan persendian tubuh.

Seiring dengan membesarnya perut, bahu dan tulang belakang akan bergerak maju dan memiringkan panggul keluar dari posisi idealnya. Hal ini dapat meningkatkan beban pada punggung. Namun jika ibu hamil rutin berenang, beban ini dapat berkurang, karena otot-otot akan lebih kuat.

8. Berenang Secara Rutin Juga Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak


Berenang Secara Rutin Juga Bisa Meningkatkan Kecerdasan Otak

Mungkin belum banyak yang tahu jika berenang secara rutin juga bisa meningkatkan kecerdasan seseorang. Kenapa demikian? Sebab renang bisa meningkatkan fungsi memori dan kemampuan berpikir seseorang. Berenang dapat mengurangi peradangan dan resistensi insulin di otak dengan membangun pertumbuhan sel otak baru.

Menurut studi di Journal of Physiology, aliran darah ke otak akan meningkat hingga 14 persen ketika seorang pria menceburkan tubuhnya di air hingga batas jantung. Para peneliti tersebut mengatakan bahwa tekanan air di rongga dada berhubungan dengan hal itu.

Demikian delapan manfaat berenang untuk kesehatan yang telah tim WowKeren rangkum untuk kalian. Simak juga artikel ini untuk mengetahui kebiasaan sepele yang mungkin sering kamu lakukan saat menstruasi yang bisa membahayakan kesehatan. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui bahaya minum sambil berdiri dengan menyimak artikel ini.

You can share this post!

Related Posts
Loading...