Pimpin Pemakaman, Jokowi Kenang Pesan BJ Habibie Soal Cinta dan Kecerdasan
Instagram/jokowi
Nasional
BJ Habibie Meninggal Dunia

Jokowi menilai BJ Habibie merupakan figur yang mampu mempersatukan ilmu pengetahuan, ketakwaan, serta cinta dan kasih sayang dalam setiap aspek kehidupannya.

WowKeren - Wafatnya Presiden ke-3 Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie menyisakan duka yang mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Jasa dan perannya semasa hidup memang begitu luar biasa untuk Bumi Pertiwi.

Bertempat di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, jenazah almarhum Habibie dikebumikan di sebelah pusara sang istri, Hasri Ainun Habibie. Dimakamkan secara militer, adalah Presiden Joko Widodo yang mengemban amanah sebagai inspektur upacara.


Dalam sambutannya, Jokowi pun mengungkapkan kekagumannya kepada sang Bapak Dirgantara Indonesia. Jokowi menilai Habibie sebagai sosok negarawan sejati dan inspirator besar. Ia pun mengenang sosok almarhum sebagai seorang ilmuwan yang meyakini kekuatan cinta.

"Pada hari ini kita semua, seluruh rakyat Indonesia, berkabung atas wafatnya Presiden ke 3 Republik Indonesia, Bapak Profesor Bacharuddin Jusuf Habibie," ujar Jokowi dalam sambutannya, Kamis (12/9). "Beliau adalah seorang negarawan sejati, seorang inspirator, seorang ilmuwan yang meyakini bahwa tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya."

Menurutnya, Habibie merupakan sosok yang mampu menyatukan ilmu pengetahuan dan ketakwaan. Oleh karena itu, Jokowi menilai Habibie merupakan suri teladan dan kepergiannya merupakan kehilangan besar bagi masyarakat Indonesia.

"(Beliau meyakini bahwa) ilmu pengetahuan, iman, dan takwa harus bersatu," tuturnya. "Beliau adalah suri teladan bagi anak bangsa. Sungguh Indonesia sudah kehilangan salah satu putra terbaiknya."

Ia pun mengungkapkan banyak visi misi Habibie yang berperan begitu besar dalam kemajuan Tanah Air. Oleh karena itu, lewat sambutannya, ia mengajak seluruh masyarakat untuk mendoakan almarhum. Jokowi pun meminta agar seluruh masyarakat memberikan penghormatan tertinggi bagi sang inspirator atas segala jasa dan baktinya bagi Indonesia.

"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mengucapkan terimakasih. Dan memberikan penghormatan yang tinggi pada bakti almarhum," katanya. "Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mendoakan almarhum, semoga almarhum diterima dan diberikan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan khusnul khotimah."

"Kepada keluarga almarhum yang ditinggalkan semoga menerima kepergian almarhum dengan sabar dan tawakal," imbuhnya. "Mari kita melepas kepergian beliau dan semoga amal ibadah almarhum, Selamat Jalan Mr Crack, Selamat Jalan Sang Pionir, Kami akan selalu ingat pesanmu."

You can share this post!

Related Posts
Loading...