Kedua Putra BJ Habibie Ikut Turunkan Jenazah Sang Ayah ke Liang Lahat
Nasional
BJ Habibie Meninggal Dunia

Kedua putra Habibie, yakni Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie, tampak buru-buru melepaskan jas dan sepatu pantofel yang mereka kenakan demi mengantarkan sang ayah ke peristirahatan terakhir.

WowKeren - Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada hari ini (12/9). Tepatnya, di samping pusara sang istri, mendiang Hasri Ainun Besari.

Prosesi pemakaman yang dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo tersebut berlangsung khidmat. Kedua putra Habibie, yakni Ilham Akbar Habibie dan Thareq Kemal Habibie, turut menurunkan jenazah sang ayah ke liang lahat.


Ilham yang mengenakan jas dan sepatu pantofel buru-buru melepaskannya. Begitu pula dengan Thareq yang buru-buru melepas jas hitam serta pantofelnya.

Thareq dan Ilham langsung turun ke liang lahat untuk mengantarkan jenazah Habibie ke peristirahatan terakhir. Proses penurunan jenazah ini diiringi oleh suara tembakan sebanyak satu kali,

Jokowi selaku inspektur upacara dalam prosesi pemakaman Habibie tampak tak kuasa menahan rasa dukanya. Sosok Jokowi selama ini memang dikenal dekat dengan Bapak Dirgantara Indonesia tersebut.

"Saya Presiden RI atas nama negara bangsa dan TNI dengan ini mempersembahkan ke persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa jasa almarhum, nama Prof Dr. Ing. H. BJ Habibie. Jabatan Presiden ke-3 RI, putra dari Bapak Awi Abdul Jalil Habibie almarhum, yang telah meninggal dunia demi kepentingan serta keluruhan negara dan bangsa pada rabu 11/9/2019 pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Soebroto karena sakit," tutur Jokowi dalam upacara pemakaman tersebut. "Semoga jalan darma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri teladan bagi kita semua dan mendapat tempat yang semestinya di alam baka."

Sebelum liang lahat ditutup, keluarga Habibie melakukan tabur bunga. Suasana haru dalam prosesi pemakaman semakin bertambah kala lagu "Gugur Bunga" mulai mengalun.

Prosesi pemakaman Bapak Teknologi Indonesia ini dihadiri oleh banyak tokoh nasional. Di antaranya adalah Wakil Presiden Jusuf Kalla, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, hingga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono.

You can share this post!

Related Posts
Loading...