Viral Eks Presiden Timor Leste Cium Kening BJ Habibie, Ini Penjelasannya
Nasional
BJ Habibie Meninggal Dunia

Video Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao, yang menjenguk mendiang BJ Habibie di rumah sakit viral di media sosial. Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center, Dewi Fortuna Anwar, pun menjelaskan momen tersebut.

WowKeren - Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao, ternyata sempat menjenguk mendiang BJ Habibie di rumah sakit. Momen Gusmao yang menjenguk Habibie tersebut viral di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @KatolikG pada Kamis (12/9). Dalam video tersebut, tampak Habibie yang berbaring di ranjang rumah sakit dan Gusmao yang berada di sisinya.


Momen menyentuh hati tampak kala Gusmao mengecup kening Habibie. Bapak Dirgantara Indonesia tersebut juga tampak merangkul leher Gusmao.

KatolikG

Twitter

Menurut Ketua Dewan Pengurus The Habibie Center, Dewi Fortuna Anwar, video tersebut diambil di kamar perawatan Habibie di RSPAD Gatot Subroto pada akhir Juli 2019 lalu. "(Peristiwanya tanggal) 22 Juli 2019, pukul 10.00-11.00," terang Dewi dilansir Kompas.com pada Kamis (12/9).

Dewi menjelaskan bahwa peristiwa tersebut disaksikan oleh sejumlah orang. Di antaranya adalah Duta Besar Timor Leste Alberto Xavier Parreira Carlos, dan juga beberapa kerabat Habibir.

Diketahui, Gusmao memang memiliki hubungan yang cukup spesial dengan Habibie. Gusmao yang menjadi tahanan politik di era pemerintahan Presiden Soeharto dibebaskan pada masa pemerintahan Habibie.

Habibie sendiri diketahui memiliki peran dalam kemerdekaan Timor Leste. Referendum yang digelar di Timor Timur pada 1999 dilakukan pada saat Habibie menjadi Presiden Indonesia.

Di sisi lain, tokoh Timor Leste pro-NKRI, Eurico Barros Gomes Guterre, menegaskan bahwa lepasnya Timor Leste bukanlah kesalahan Habibie. Oleh karena itu, Eurico meminta agar Habibie tak terus-menerus disalahkan akibat disintegrasi Timor Leste. Ia pun meyakini keputusan Habibie kala itu tak lepas dari berbagai faktor pertimbangan yang berat.

"Saya pribadi sudah tidak pernah mengungkit masa lalu. Terlepasnya Timor Timur bukan dosa Habibie pribadi, bukan salah Habibie sendiri. Saya sudah pernah tiba di Parepare beberapa kali," katanya di Kupang, Kamis (12/9). "Jangan lempar kesalahan kepada Pak Habibie semata dan seluruhnya. Pak Habibie hanya orang yang terpaksa menggenggam bara api yang dibakar oleh orang lain."

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts