Keluarga Cendana Belum Beri Ucapan Belasungkawa Atas Wafatnya BJ Habibie?
Nasional
BJ Habibie Meninggal Dunia

Sekretaris pribadi mendiang Habibie, Rubijanto, mengungkapkan bahwa pihaknya selalu mengundang keluarga Cendana dalam beberapa acara. Namun, pihak keluarga Cendana tak pernah menghadiri undangan Habibie.

WowKeren - Wafatnya Presiden ke-3 RI BJ Habibie meninggalkan duka yang mendalam bagi rakyat Indonesia. Pemakaman Habibie pada Kamis (12/9) dihadiri oleh berbagai kalangan, mulai dari Presiden, politisi, tokoh agama, hingga warga sipil.

Meski demikian, anggota keluarga Presiden ke-2 RI Soeharto alias keluarga Cendana tak tampak di rumah duka maupun pemakaman Habibie. Menurut politisi Partai Berkarya, Vasco Ruseimy, dirinya belum menerima konfirmasi terkait ucapan belasungkawa dari keluarga Cendana untuk mendiang Habibie.


Sebagai informasi, Partai Berkarya dipimpin oleh putra Soeharto, yakni Tommy Suharto. "Belum ada konfirmasinya," tutur Vasco dilansir IDN Times pada Jumat (13/9). Vasco sendiri tidak menjelaskan lebih detail terkait keluarga Cendana yang tak tampak di pemakaman maupun rumah duka Habibie.

Pihak terkait Keluarga Cendana yang sempat tampak dalam momen kepergian Habibie hanyalah Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto. Ia tampak hadir di rumah duka Habibie di Patra Kuningan pada Rabu (11/9) malam. Diketahui, Prabowo merupakan mantan suami dari putri Soeharto, yakni Titik Soeharto.

"Saya turut menyampaikan belasungkawa saya ke keluarga," tutur Prabowo di rumah duka. "Saya ketemu tadi saudara Farid, dan Ilham sudah sampaikan belasungkawa saya."

Sementara itu, sekretaris pribadi mendiang Habibie, Rubijanto, sempat mengungkapkan bahwa sang Bapak Dirgantara Indonesia selalu mengundang keluarga Cendana dalam beberapa acara. Hanya saja, pihak keluarga Cendana tak pernah menghadiri undangan Habibie.

"Ulang tahun, buka puasa, kami selalu undang," tutur Rubijanto di Patra Kuningan pada Kamis (12/9). "Enggak pernah (hadir)."

Selain itu, Rubijanto juga mengakui bahwa keluarga Cendana memang tak tampak saat kepergian mendiang Habibie. Namun, pihaknya tak mau menaruh rasa curiga. "Enggak, mungkin mereka sibuk," pungkas Rubijanto.

Di sisi lain, Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto pada Rabu (11/9) dalam usia 83 tahun. Menurut putra bungsu Habibie, Thareq Kemal Habibie, ayahnya mengalami gagal jantung lantaran usianya yang sudah tua.

(wk/Bert)

You can share this post!

Related Posts