Tak Hanya Makan Korban, Kabut Asap Juga Bikin Tagihan Listrik Warga Riau Bengkak
Nasional

Hingga Jumat (13/9) pagi tadi kondisi kabut asap di Riau semakin parah dibandingkan hari sebelumnya. Jarak pandang yang dapat ditembus oleh warga pun semakin memendek yaitu 500 meter.

WowKeren - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah Indonesia menjadi permasalahan serius. Kabut asap di sejumlah wilayah Riau bahkan menyebabkan seorang pemotor hampir menjadi korban lantaran mengalami sesak napas hingga mau pingsan saat berkendara.

Tak hanya menyerang kesehatan saja, kabut asap rupanya juga membuat pengeluaran dana warga Riau meningkat. Seorang warga bernama Erni Wati mengaku rumahnya harus menggunakan AC lebih lama selama ada kabut asap sehingga tagihan listriknya membengkak.

"Tagihan lisrik saya di Agustus ini naik Rp 500 ribu dibanding bulan sebelumnya," ujar Erni dilansir detikFinance pada Jumat (13/9). "Ini karena kami harus menggunakan AC rumah lebih lama selama asap ini. Bisa jadi pemakaian di selama September nanti akan meningkat lagi."

Hal senada juga disampaikan oleh Elsa Susanti. Ia mengaku harus rajin membeli suplemen untuk keluarganya demi meningkatkan daya tahan tubuh selama dilanda kabut asap.


"Ya selama kabut asap ini, biaya kita pasti bertambah," tutur Elsa. "Saya harus rajin membelikan suplemen buat keluarga, agar kondisi badan tetap fit. Ini jaga-jaga biar tidak sakit."

Sementara itu, hingga Jumat (13/9) pagi tadi kondisi kabut asap di Riau semakin parah dibandingkan hari sebelumnya. Jarak pandang yang dapat ditembus oleh wargapun semakin memendek yaitu 500 meter.

Parahnya kondisi kabut asap ini membuat Pemprov Riau meliburkan sekolah-sekolah dan sejumlah kampus dari kegiatan belajar mengajarnya. Warganet bahkan sempat membuat tagar #RiauDibakarBukanTerbakar hingga menjadi trending topic Indonesia.

Di sisi lain, Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra, Andre Rosiade, sempat mengungkapkan amarahnya terkait kabut asap ini lewat media sosial Twitter. Dalam cuitannya, ia menilai pemerintah sudah gagal mengatasi karhutla dan kabut asap yang mengepung Sumatera..

Ia pun mengaku kecewa lantaran Presiden Joko Widodo dan jajaran tampak "tak berdaya" melawan masalah tersebut. Andre lantas menagih janji Jokowi untuk memecat aparat TNI dan Polri yang tak berkompeten dalam memadamkan api di lokasi.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait