Hati-hati! Jangan Sering Lewatkan Sarapan Atau 7 Bahaya Kesehatan Ini Bakal Mengintai Kalian
Health

Jika dikonsumsi secara teratur, sarapan pagi ternyata dapat memberikan manfaat kesehatan yang tak ternilai harganya. Sebaliknya, jika kalian sering melewatkan sarapan pagi, sederet bahaya akan menghampiri.

WowKeren - Sarapan atau makan pagi memang sering dianggap sepele. Banyak orang yang melewatkan sarapan entah karena sengaja ataupun karena tak punya wkatu. Dengan aktivitas super sibuk seperti saat ini memang membuat banyak orang terpaksa melewatkan sarapan.

Padahal sarapan pagi diketahui dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, tidak rutin sarapan pagi juga ada bahayanya. Tidak salah jika ada pepatah yang mengatakan bahwa sarapan pagi adalah waktu makan paling penting dalam sehari.

Jika dikonsumsi secara teratur, sarapan pagi ternyata dapat memberikan manfaat kesehatan yang tak ternilai harganya. Sebaliknya, jika kalian sering melewatkan sarapan pagi, sederet bahaya akan menghampiri. Penasaran apa saja? Berikut tim WowKeren rangkum 7 bahaya melewatkan sarapan bagi kesehatan. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Tanpa Sarapan Kalian Pasti Akan Lebih Cepat Lelah


Tanpa Sarapan Kalian Pasti Akan Lebih Cepat Lelah

Hal pertama yang mempengaruhi kalian jika tidak sarapan adalah perasaan lemas dan lesu saat pagi hari. Sarapan adalah sumber tenaga kalian saat beraktivitas sehari-hari, jika kalian tidak mengisi energi, tentu saja sepanjang hari kalian akan lemas.

Menurut National Institutes of Health, melewatkan sarapan membuat kalian berisiko menderita hypoglycemia atau gula darah yang rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala fisik seperti pusing, lemas, sakit kepala dan detak jantung yang meningkat. Namun, sarapan berlebihan juga enggak baik karena menyebabkan kelelahan dan ngantuk berlebihan loh.

2. Bukan Makin Kurus, Tidak Sarapan Justru Bikin Berat Badan Naik


Bukan Makin Kurus, Tidak Sarapan Justru Bikin Berat Badan Naik

Jika kalian sedang diet dan berfikir tidak sarapan akan menurunkan berat badan, kalian salah. Studi dari American Journal of Epidemiology pada 2003 menyebutkan bahwa orang yang melewatkan sarapan cenderung lebih cepat gemuk 4,5 kali dibandingkan orang yang rutin sarapan loh.

Ketika kalian melewatkan sarapan, maka sebenarnya kalian hanya membiarkan perut kosong terlalu lama atau semalaman. Hingga pada saat makan di siang hari, kebutuhan makan justru lebih banyak. Kalian jadi lebih ingin makan lebih banyak dibanding biasanya. Akibatnya berat badan justru makin naik. Simak juga tips diet tanpa sayur di sini.

3. Hati-hati Melewatkan Sarapan Juga Lebih Beresiko Diabetes


Hati-hati Melewatkan Sarapan Juga Lebih Beresiko Diabetes

Saat kalian tidak sarapan, tubuh kalian akan secara otomatis akan meningkatkan kadar gula darah jika tidak ada makanan yang bisa diolah dan diubah menjadi energi. Hal ini lah yang membuat tak pernah sarapan akan meningkatkan potensi diabetes.

Menurut sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan, ketika kamu melewatkan sarapan, maka hal tersebut dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 20 persen karena kadar kolesterol dan tingkat sensitif insulin yang buruk.

4. Resiko Serangan Jantung Jadi Lebih Besar Jika Kalian Tidak Sarapan


Resiko Serangan Jantung Jadi Lebih Besar Jika Kalian Tidak Sarapan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menyatakan bahwa orang yang melewatkan sarapan berpotensi besar mengalami gangguan jantung loh. Pola makan yang enggak ini teratur memang dapat menyebabkan berbagai gangguan fungsi organ.

Selain itu, rasa lapar berlebihan menjelang siang membuat kalian mengkonsumsi makanan berlemak tinggi lebih banyak. Hal ini bisa menyebabkan lemak menumpuk di sekitar perut, dan meningkatkan kadar kolesterol, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung. Intip juga yuk tips menghindari serangan jantung di sini.

5. Tidak Sarapan Bakalan Membuat Metabolisme Kalian Menurun


Tidak Sarapan Bakalan Membuat Metabolisme Kalian Menurun

Saat kalian tidak mengisi perut di pagi hari, otomatis tubuh akan berhenti bekerja untuk menghemat energi. Selain itu, keinginan tubuh pun akan berkurang karena digunakan untuk membakar kalori sehingga memengaruhi metabolisme tubuh.

Selain itu, menurut hasil survei yang dilaporkan dalam jurnal Appetite pada bulan Agustus 2010, mahasiswi yang secara terus menerus melewatkan sarapan memiliki siklus menstruasi yang enggak teratur daripada mereka yang rutin melakukan sarapan. Selain itu, beberapa gangguan menstruasi seperti rasa sakit yang berlebihan serta darah menstruasi yang keluar enggak lancar loh.

6. Awas Enggak Sarapan Bikin Kalian Mudah Marah


Awas Enggak Sarapan Bikin Kalian Mudah Marah
Pexels/Moose Photos

Perut yang lapar bisa memicu emosi sehingga mudah tersinggung dan marah. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang rajin sarapan punya suasana hati yang lebih baik dan stabil selama seharian dibanding yang tidak sarapan loh. Selain itu, Dengan suasana hati yang enggak baik, maka hasil kinerja juga enggak maksimal.

Berdasarkan sebuah survei diketahui 26 persen orang suasana hatinya baik karena memiliki pola makan yang baik seperti rutin sarapan. Perubahan suasana hati yang melibatkan iritabilitas sering terjadi karena gula darah rendah yang merupakan efek samping dari enggak makan yang berkepanjangan.

7. Bau Mulut Juga Bisa Disebabkan Oleh Kebiasaan Enggak Sarapan


Bau Mulut Juga Bisa Disebabkan Oleh Kebiasaan Enggak Sarapan
Shutterstock/Srisakorn Wonglakorn

Sarapan pagi rupanya juga menstimulasi produksi saliva dan membantu membersihkan lidah dari bakteri. Studi oleh U.S News and World Report menjelaskan, dengan sarapan kelenjar dalam mulut akan membantu memproduksi air liur yang membantu membersihkan lidah dari bakteri.

Dr. Mervyn Druian yang bertugas di London Centre for Cosmetic Dentistry merekomendasikan buah segar dan segelas air putih adalah sarapan terbaik yang efektif menyingkirkan bakteri dalam mulut. Jadi mulai sekarang biasakan untuk sarapan dengan makanan sehat ya.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru