Aktivis HAM HS Dillon Meninggal Dunia di Bali Kala Bulan Madu Bersama Istri
Nasional

Semasa hidupnya, HS Dillon pernah ditunjuk sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Penanggulangan Kemiskinan (UKP2K) di era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY.

WowKeren - Pegiat Hak Asasi Manusia (HAM), Harbrinderjit Singh Dillon atau HS Dillon, tutup usia di Bali pada Senin (16/9) pada pukul 18.27 WITA. Mendiang Dillon meninggal karena komplikasi jantung dan paru-paru.

"Rencana akan dilaksanakan upacara militer di RSAD Bali dan kemudian besok (17/9) pukul 14.00 WITA akan dikremasikan di Mumbul, Jimbaran," jelas anak sulung Dillon, Haria Styaka Dillon, di RS Siloam Sunset Road pada Senin (16/9). "Setelah itu dimakamkan di Makam Pahlawan Tabanan."


Dillon sendiri jatuh sakit kala sedang bulan madu bersama istrinya, Drupadi S Harnopidjati. Ia telah mendapat perawatan di RS Siloam selama sebulan, tepatnya sejak 19 Agustus 2019 lalu.

"Sebulan yang lalu dirawat di sini komplikasi jantung dan paru-paru," terang Haria. "Beliau lagi di sini liburan bersama ibu saya, ya bisa dibilang bulan madu kedualah."

Haria mengaku bahwa pihak keluarga sudah merelakan kepergian Dillon. Ia juga yakin bahwa sang ayah memang memilih Pulau Dewata sebagai tempat peristirahatan terakhirnya.

"Jadi beliau bersama istri terkasih menikmati Pulau Dewata ini," tutur Haria. "Saya yakin sebagai anaknya bapak memilih Pulau Dewata ini sebagai rumah peristirahatan beliau terakhir."

Sementara itu, ucapan dukacita untuk Dillon mengalir dari banyak pihak. Salah satunya datang dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Kami menyampaikan belasungkawa terhadap berpulangnya salah satu pejuang HAM dan pegiat anti-korupsi yang gigih mendukung KPK semasa hidupnya," ujar Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah. "Datang ketika KPK butuh dukungan, dan mengkritik ketika KPK perlu diingatkan. Semoga almarhum HS Dillon mendapatkan tempat yang sebaik-baiknya."

Selain itu, ucapan dukacita juga datang dari Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih. Dillon disebut sebagai pejuang hak asasi petani Indonesia.

"Kabar duka. Telah meninggal dunia bapak HS Dillon tadi jam 18.27 WITA di RS Denpasar Bali. Beliau sakit sejak tanggal 18 Agustus 2019. Mari kita doakan semoga beliau diterima disisiNya dan keluarga yang ditinggalkan ikhlas melepas kepergian Pak Dillon," tutur Henry. "Beliau adalah pejuang hak asasi petani Indonesia."

Semasa hidupnya, Dillon pernah ditunjuk sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Penanggulangan Kemiskinan (UKP2K) di era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. Mendiang juga kerap hadir di KPK untuk memberi masukan atau dukungan terkait pemberantasan korupsi di Indonesia.

You can share this post!

Related Posts
Loading...