Panglima TNI Sebut Tugas Memadamkan Karhutla Adalah Ibadah
Instagram
Nasional

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi kinerja anggotanya yang telah berjuang dalam memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di sejumlah wilayah.

WowKeren - Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi kinerja seluruh prajurit yang telah berjuang dan berusaha dalam memadamkan kobaran api akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sejumlah Provinsi Sumatra dan Kalimantan. Seperti diketahui, karhutla yang terjadi di kedua provinsi tersebut sudah semakin parah dengan asap yang semakin pekat dan luas kebakaran yang semakin meluas.

Sebelumnya menurut catatan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) hingga Senin (16/9) total luas karhutla telah mencapai 328.724 hektare yang tersebar di sejumlah wilayah di Sumatera dan Kalimantan dengan total 2.583 titik panas. Karhutla yang didata dari BNPB ini merupakan karhutla yang telah terjadi sejak Januari hingga Agustus 2019.

Hadi Tjahjanto mengatakan jika tugas dalam memadamkan karhutla merupakan sebuah ibadah. Oleh sebab itu dirinya sangat berterimakasih oleh sejumlah prajurit yang telah berjuang untuk terus mengupayakan pemadaman api karhutla. Hadi menyampaikan hal tersebut saat memberikan pengarahan kepada Perwira jajaran Komando Resort Militer (Korem) 031/Wirabima, Pekanbaru, Kepulauan Riau, Senin (16/9).

"Saya mengucapkan banyak terima kasih dengan keikhlasan, kesabaran para prajurit untuk menjaga hutan kita dari kebakaran," jelas Hadi di Pekanbaru, Riau pada Senin (16/9). "Insya Allah dengan niat yang tulus kita semuanya dicatat oleh Tuhan Yang Maha Kuasa sebagai amal ibadah kita semuanya."


Tak lupa Hadi juga mengingatkan kepada seluruh prajurit TNI yang sedang bertugas untuk memadamkan karhutla di sejumlah titik agar terus memperhatikan kesehatannya. Hadi mengimbau agar para prajurit selalu menggunakan masker dalam bertugas.

"Saya berpesan bagi prajurit, kalian masih harus berkarir untuk sekolah Selapa, Sesko dan Lemhannas menjadi Perwira, jadi jaga kesehatan," pesan Hadi Tjahjanto. "Semuanya masih panjang perjalanannya."

Lebih lanjut Hadi juga memuji pasukan darat yang dinilai sudah cukup efektif dalam menangani sejumlah titik karhutla sehingga tidak semakin meluas. Terakhir, dirinya memberikan penghormatan setinggi-tingginya kepada seluruh prajurit yang dinilai telah melakukan pengabdian yang luar biasa demi membantu bencana karhutla ini.

"Pasukan darat sangat efektif karena saya lihat beberapa spot bahwa di situ ada pasukan TNI-Polri yang sedang bekerja untuk mengurangi dampak dari kebakaran hutan dan lahan," ujar Hadi. "Saya ucapkan terima kasih dan beri penghargaan kepada seluruh Prajurit TNI atas pengabdiannya yang telah rela meninggalkan anak, istri dan keluarga dalam membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan yang terjadi saat ini."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait