Jokowi Salat Minta Hujan Sebelum Tinjau Karhutla Riau
http://presidenri.go.id/
Nasional
Darurat Kabut Asap Kalimantan

Pelaksanaan salat minta hujan (istisqa) di Riau ini menjadi salah satu upaya untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalui sisi religi.

WowKeren - Presiden Joko Widodo akan meninjau kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau pada hari ini (17/9). Sebelum itu, Jokowi melaksanakan salat minta hujan (istisqa) di Masjid Amrulloh, Kompleks TNI AU, Lanud RSN, Pekanbaru, Riau.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut sudah tiba pada pukul 07.30 WIB bersama rombongannya. Mereka terdiri dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Sosial Agus Gumiwang, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Kepala BNPB Doni Monardo, serta Gubernur Riau Syamsuar.


Selain itu, jajaran pemerintah daerah lainnya serta anak-anak yatim piatu juga ikut dalam rombongan tersebut. Kanwil Kementerian Agama Provinsi Riau, Dr Muhammad Fahri MA, pun bertugas menjadi khatib dalam salat istisqa tersebut.

Pelaksanaan salat istisqa ini menjadi salah satu upaya untuk menanggulangi karhutla melalui sisi religi. Fahri lantas mengajak seluruh jemaah yang hadir untuk sama-sama introspeksi diri seperti yang telah dijalankan sebagai fungsi khalifah dalam pemeliharaan tumbuhan dan hewan.

Dalam khotbah singkatnya, Fahri mengambil kisah perjalanan Umar bin Khatab saat meminta hujan sebagai inspirasi yang baik diikuti dalam rangka memohon kepada Tuhan agar hujan segera diturunkan. Kisah tersebut tertuang dalam Al-Quran Surah Nuh ayat 10 sampai 12 dan Surah Hud ayat 52.

Presiden Jokowi bersama rombongan lantas menuju pangkalan udara TNI AU usai melaksanakan ibadah salat. Mereka akan meninjau karhutla di Kabupaten Pelalawan menggunakan helikopter kepresidenan.

Sementara itu, Jokowi sebelumnya telah menetapkan status siaga darurat di Provinsi Riau. Penetapan status ini bertujuan untuk memaksimalkan proses pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lancang Kuning.

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kepala BNPB Doni Monardo untuk membuat hujan buatan. Karena lahan yang terdampak sangat luas, ia meminta agar intensitas hujan yang diturunkan juga dalam jumlah besar.

Tak hanya hujan buatan dalam jumlah besar, Jokowi juga meminta agar pasukan pemadam kebakaran juga dikerahkan dalam jumlah besar. Mantan Wali Kota Solo tersebut juga telah memerintahkan agar aparat menindak tegas perusahaan-perusahaan yang telah membakar hutan dan lahan.

You can share this post!

Related Posts
Loading...