Ini Tanggapan Dokter Soal Masker Dilapisi Pantyliner yang Viral
SerbaSerbi

Baru-baru ini media sosial Twitter dihebohkan oleh masker yang dilapisi pantyliner. Viralnya postingan tersebut membuat dokter spesialis paru-paru ikut memberikan tanggapannya.

WowKeren - Kabut asap yang menyelimuti sejumlah wilayah di Indonesia menjadi masalah gawat yang masih belum terselesaikan. Masyarakat sekitar pun diimbau untuk menggunakan masker agar terlindungi dari kabut asap tersebut.

Namun, baru-baru ini media sosial Twitter dihebohkan dengan foto masker yang dilapisi dengan pantyliner sebagai masker kesehatan. Unggahan tersebut pertama kali diunggah di Twitter oleh @khairul_hafidz, ia mengaku mendapatkan informasi tentang saran menempelkan pantyliner di masker untuk melawan kabut asap.

"Jangan percaya kalau ada yang suruh buat macam ni. Panty liner letaknya di bawah bukan di mask. Untuk jerebu, pakai mask N95," cuit @khairul_hafidz.

Cuitan Masker Viral

Twitter


Menanggapi viralnya masker tersebut, dokter spesialis paru-paru dari Omni Hospital Pulomas, dr Frans Abednego Barus, SpP, mengatakan dalam dunia kedokteran penggunaan masker yang dilapisi pantyliner tak ada fungsi medis sama sekali.

"Dia diciptakan bukan untuk jadi masker. Nah jadi kalau digunakan dengan alih fungsi seperti itu, saya tidak bilang menyesatkan tapi belum ada bukti secara medis itu efektif. Buat apa?" jelas Frans dilansir detikcom, Senin (16/9). "Mau ditutup pantyliner kek, pembalut kek, terserah. Tapi dalam dunia kedokteran itu nggak ada fungsi yang bermakna."

Meski mungkin tak berbahaya, penggunaannya dirasa tak perlu. Untuk menghindari paparan polusi lebih disarankan tidak beraktivitas di luar ruangan. "Memang betul, hindari keluar rumah lebih baik. Pakai masker semoga membantu, meski saya tidak bisa mengatakan akan berhasil menangkal," papar dr Frans.

Senada dengan hal tersebut, dr Rezki Tantular, SpP, dari RSUD Saiful Anwar Malang juga menyebut pemakaian masker pantyliner belum terbukti lebih baik pakai masker N95 karena sifatnya bukan untuk menyaring udara yang masuk.

"Pantyliner bukan untuk penyaring udara, yang disarankan adalah jenis masker N95," dokter Rezki. "Namun pemakaian N95 harus sesuai juga. Kalau tidak pas ya fungsinya enggak optimal, kalau pas bisa menyaring hingga 95 persen partikel halus."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait