Begini Respon Anies Usai Bantuan Personel DKI Ditolak Pemprov Riau
Nasional

Bantuan Anies yang mengirim 65 personel untuk mengatasi bencana karhutla yang terjadi di Riau ternyata ditolak oleh Pemprov Riau. Begini respon Anies menanggapi penolakan tersebut.

WowKeren - Pada Selasa (17/9) lalu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengirimkan 65 personel untuk membantu mengatasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia. Akan tetapi, bantuan tersebut nyatanya ditolak oleh pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Menanggapi hal tersebut, Anies Baswedan menegaskan bahwa bala bantuan berupa personel tersebut tidak ia kirimkan ke Pemprov Riau, melainkan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Oleh karena itu, mantan Mendikbud tersebut mengaku tidak terlalu memikirkan penolakan yang disampaikan oleh Pemprov Riau tersebut.

Anies kemudian menjelaskan bahwa 65 orang petugas dari Jakarta itu dikirim untuk membantu penanganan di berbagai lokasi yang terdampak karhutla. Sementara itu, yang berhak menentukan dimana personel dari Jakarta itu akan ditempatkan adalah BNPB dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Kami mengirimkan orang bukan kepada pemprov, kami mengirimkan kepada BNPB," jelas Anies saat diwawancarai pada Rabu (18/9). "Jadi ke mananya itu (penggunaan personel bantuan) yang menentukan adalah BNPB."


Menurut Anies, para petugas yang ia kirim itu justru kini diarahkan ke Kalimantan Tengah yang saat ini kondisinya sedang amat parah. Akan tetapi arahan tersebut bukan dari BNPB melainkan dari Kemendagri.

Anies kemudian mengklaim bahwa Pemprov Jambi juga meminta bantuan personel dari Jakarta. Akan tetapi, ia menegaskan bahwa tim yang ia kirim akan mengikuti arahan dari Kemendagri ataupun BNPB.

Sebelumnya, Anies memang mengirim 65 personel yang berasal dari beberapa kalangan. Tak hanya petugas pemadam kebakaran, namun juga ada yang berasal dari unsur Dinas Kesehatan hingga relawan. Ia mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk kepedulian Jakarta terkait musibah karhutla yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia.

Satgas Karhutla Provinsi Riau Edwar Sanger mengatakan bahwa Riau tak memerlukan bantuan Pemprov DKI lantaran merasa mampu mengatasi karhutla tersebut. Akan tetapi, Edwar mewakili pihaknya merasa berterima kasih atas niat baik Anies tersebut.

Edwar pun memberikan saran jika lebih baik bantuan 65 personel tersebut dikirim ke Sumatera Selatan dan Jambi saja. Hal ini karena Satgas Riau kini sudah berjumlah 5.800 orang dan bekerja maksimal setiap harinya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru