Publik Kecewa dengan Polemik KPK Hingga Penanganan Karhutla, Tagar #jokowiMundur Puncaki Trending
Nasional
Kontroversi Revisi UU KPK

#jokowiMUNDUR puncaki trending topic Twitter di Indonesia buntut dari kekecewaan publik pada berbagai masalah yang terjadi di akhir periode masa pemerintahannya yang pertama.

WowKeren - Publik menunjukkan kekecewaannya kepada Pemerintah Indonesia tepatnya kepada Presiden Joko Widodo dengan meramaikan #jokowiMundur yang kini sukses menjadi trending topic di Twitter. Tagar tersebut hingga berita ini ditulis sudah dibicarakan dengan mencapai 13,7 ribu Tweet.

Trending topic #jokowiMundur merupakan bentuk protes para warganet terhadap berbagai masalah yang terus muncul di akhir periode masa pemerintahan Jokowi yang pertama yaitu 2014-2019. Kekecewaan ini merupakan buntut dari berbagai polemik yang sedang terjadi di KPK sehingga penanganan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang buruk di sejumlah wilayah Indonesia.


Trending #jokowiMundur

Twitter

Sebelumnya polemik KPK begitu mengecewakan masyarakat setelah Pemerintah Indonesia dan DPR sepakat untuk mengesahkan revisi UU KPK. Keputusan ini sontak membuat publik gerah karena dinilai akan melemahkan kinerja KPK dalam memberantas korupsi sehingga para koruptor dapat melenggang bebas dengan santai tanpa ditopang dengan hukum yang kuat.

Permasalahan ini masih ditambah dengan permasalahan terkait karhutla yang terjadi di Provinsi Sumatra dan Provinsi Kalimantan. Pemerintah dinilai gagal dalam menjaga ekosistem hutan yang ada di kedua provinsi tersebut sehingga menyebabkan kebakaran yang semakin meluas dengan berbagai daerah sudah menyatakan situasi darurat terkait kondisi kabut asap yang membahayakan.

Warganet pun beramai-ramai menjadikan kedua permasalahan KPK dan karhutla sebagai contoh kegagalan besar yang terjadi dalam pemerintahan Jokowi. Bahkan dalam tagar #jokowiMUNDUR pun sempat viral gambar ilustrasi seorang orang utan memakai masker yang menyinggung sejumlah karhutla. "Hutan Yang Kebakaran KPK Yang Dipadamkan," tulis Dimas Ibna pada ilustrasi tersebut.

Trending

Twitter

Berbagai warganet pun menuliskan berbagai bentuk kritik terhadap Pemerintahan Jokowi melalui tagar #jokowiMundur tersebut. Mereka menggunakan kebebasan berpendapatnya dalam dunia media sosial untuk mengkritik dan menyebutkan berbagai permasalahan yang saat ini tengah merisaukan di Indonesia.

"Bukan masalah politik, tapi kalau begini memang pantas #jokowiMUNDUR banyak hal yang bisa ia lakukan terkait revisi KPK ini. Kok malah cenderung setuju bahkan revisi dilakukan secara tertutup tanpa dihadiri pihak kpk Kalau lembaga independen saja di kontrol, ya selesai tugas KPK," kritik @farrel*****al13. "#jokowiMUNDUR. Indonesia sepertinya sudah tidak zaman dengan sistem pemimpin blusukan, tapi gapapa sih kalo cuma jalan jalan," tulis @man*****sss.

"Rakyat turut berduka cita atas mati nya demokrasi indonesia..Semoga Rakyat trus tabah dan tetep Tegar Kedaulatan Rakyat tuk Keadilan diNegeri ini semoga rezim ini Berakhir agar persatuan n kesatuan NKRI utuh kembali..#SaveDemokrasiIndonesia #JokowiMundur," kritik @Sur*****ipuro_. "Makin suram negeri ini #jokowiMUNDUR #jokowiMUNDUR," tulis soes*****dms.

"Efek masalah Numpuk ga karuan,*dolar gila *Utang nmbah *Masalah2 Pilpres *Impor sana sini *Bbrp BUMN merugi *BPJS mo naik *Papua oh papua *Korupsi Liar *KPK & Novel B *Karhutla *Dst dst dat. ga mampu #jokowiMUNDUR aja, Bs bikin stres dampaknya spt dibawah ini," kritik @yash****ura. "Pindah ibukota + changan + pelemahan kpk + karhutla = #jokowiMUNDUR," tulis @ba*****ller.

You can share this post!

Related Posts
Loading...