Ramai Soal 'Kebocoran' Lion Air, Penumpang Khawatirkan Jual Beli Data Pribadi
Nasional

Kasus kebocoran puluhan data penumpang maskapai Lion Air menjadi ramai diperbincangkan oleh warganet. Banyak dari mereka yang merasa cemas jika data-data tersebut diperjual belikan untuk melakukan hal buruk.

WowKeren - Puluhan juta data penumpang dua maskapai Lion Air dikabarkan telah beredar luas di forum pertukaran data. Bahkan kebocoran ini pun telah terjadi sejak sebulan yang lalu.

Mengutip laman BleepingComputer, data yang yang bocor terdiri dari informasi kartu penduduk atau KTP penumpang, alamat, nomor telpon, email hingga nomor paspor. Diketahui data-data tersebut dapat diakses dari sebuah penyimpanan virtual Amazone Web Service yang dibuka via web.

Ramainya kasus kebocoran data ini pun membuat pemilik Beritagar.id Wicaksono ikut memberikan responnya. Dalam cuitannya di Twitter, ia me-mention akun Alvin Lie yang merupakan anggota Ombudsman.

Cuitan Wicaksono

Twitter


Alivin pun membalas cuitan tersebut dengan menyebutkan soal UU ttg Privasi & Perlindungan Data Pribadi. "Wah duuuuh. Makin mendesak kita punya UU ttg Privasi & Perlindungan Data Pribadi. Perusahaan swasta juga diwajibkan punya sistem pengamanan data pribadi pelanggannya," balas Alvin.

Berita terkait kebocoran data tersebut sontak saja membuat warganet yang menjadi penumpang maskapai Lion Air menjadi cemas. Pasalnya, data dari puluhan juta penumpang tersebut dapat digunakan untuk melakukan transaksi jual beli data pribadi. Tak sedikit pula warganet yang menyampaikan kekesalannya lewat forum Kaskus.

"Maskai paling bermasalah tp g pernah kena sanksi tegas," ujar @hant***skom. "Jual beli data identitas! emoticon-Wakaka. Mengerikan jaman skrg! Bs disalahgunakan!" komen @panj****ansyah. "Waduuh semoga tidak benar deh. Soalnya baru kemarin saya ke Singapura naik Lion Air. Semoga segera ditelusuri dan ditindak lanjuti lah," sahut bka***ap12.

"Bisa buat bobol rek. bank, pengajuan kredit fiktif, bikin ID palsu," kata @sam***ler. "loh loh gimana to, kok bisa sampe bocorr, semoga tidak disalahgunakan sama orang yang tidak bertsnggung jawab mending kalo dibuat yang baik baik, kalo tiba2 dibuat pinjaman online begimane dong, kan kita yang rugi sendiri huhuhu... ," tambah @si***us97. "Makin parah aja nih rusdi kirana ngasal amat ya Cape d... Terakhir ane naik anaknya lion si malindo, semoga ga bocor juga datanya," kata @us***ota.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru