Puluhan Orangutan Terserang ISPA Akibat Kebakaran Hutan dan Lahan di Kalimantan
Nasional

Puluhan orangutan di Kalimantan Tengah dilaporkan menderita Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) akibat kabut asap dari bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di sana.

WowKeren - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kalimantan menyebabkan kepulan asap mengganggu berbagai aktivitas masyarakat. Bukan hanya aktivitas yang terganggu, kesehatan masyarakat serta berbagai satwa di sana pun terancam.

Saat ini dilaporkan bahwa karhutla di Kalimantan menyebabkan ratusan orangutan di sana terserang Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA). Menurut pernyataan dari Yayasan Penyelamatan Orangutan (Yayasan BOS), hingga 17 September 2019 tercatat 37 orangutan yang terserang ISPA. Enam di antaranya berumur dewasa dan 31 orangutan muda.

Staf Komunikasi Yayasan BOS Nico Hermanu mengatakan bahwa infeksi yang dialami oleh orangutan tersebut masih dikategorikan ringan. Namun, terdapat beberapa orangutan yang mengalami gejala yang berat.

"Semua masih dianggap infeksi ringan. Namun, empat orangutan muda kami dinilai gejalanya sedikit lebih berat," kata Nico Hermanu pada Betahita melalui pesan teks yang dilansir Betahita pada Kamis (19/9). "Karena itu kami beri pengobatan menggunakan nebulizer."


Asap karhutla saat ini mengancam kesehatan 355 orangutan di Nyaru Menteng. Karena itu, Nico menerangkan bahwa saat ini tim medis di Nyaru Menteng fokus menjaga kondisi kesehatan satwa endemik itu dan melakukan pengobatan menggunakan nebulizer, multivitamin, dan antibiotik terhadap orangutan yang sakit.

Nico kemudian memastikan tidak ada lagi titik api di dekat pusat rehabilitasi Nyaru Menteng saat ini. Sementara itu, orangutan yang telah dilepaskan ke hutan menurutnya masih aman dari ancaman karhutla karena mereka berada di kawasan hutan lindung dan taman nasional yang jauh dari pembukaan lahan.

Sebelumnya karhutla juga sempat mengancam Pusat Rehabilitasi Orangutan Nyaru Menteng yang terletak di dekat Kota Palangkaraya. Menurut Nico, pada saat itu api sempat mendekat hingga jarak 300 meter dari batas Nyaru Menteng. Beruntung, api kemudian berhasil dipadamkan.

Selain orangutan, ular liar pun menjadi korban karhutla Kalimantan. Beberapa waktu lalu, masyarakat sempat diviralkan dengan foto yang menunjukkan seekor ular besar gosong terpanggang akibat karhutla. Foto yang kabarnya diambil di hutan Sampit, Kalimantan Tengah itu diunggah oleh akun Twitter @rhajayawangi.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru