Roy Suryo Sebut Dana Hibah KONI Rentan Dikorupsi, Singgung 'Suara Gaib' Saat Jabat Menpora
Nasional

Roy Suryo menuturkan bahwa ketika masih menjabat sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga dulu, ia disarankan untuk 'memutar' dana hibah KONI sebelum diserahkan.

WowKeren - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo angkat bicara mengenai tertangkapnya Imam Nahrawi sebagai tersangka kasus suap hibah KONI. Roy menyebut bahwa dana hibah KONI memang rawan dikorupsi. Ia menuturkan bahwa setiap tahun memang selalu ada anggaran yang disiapkan untuk KONI.

"Begini, (dana hibah KONI) memang sangat rawan (korupsi). Saya cerita ketika zaman saya. Setiap tahun itu selalu ada penganggaran untuk KONI," kata Roy di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (19/9). "Anggarannya memang kita tergantung dari usulan yang ada dan dari pagu yang sudah ada dari pemerintah."

Ia pun mengaku pernah mendapat saran negatif terkait pengelolaan dana hibah tersebut. Ia pernah disarankan untuk tidak langsung mencairkan dana KONI melainkan "memutarnya" terlebih dahulu.

"Nah memang, terus terang saja, banyak juga suara yang saya dengar, saya kan dulu menggantikan Mas Andi (Andi Mallarangeng) kan," tutur Roy. "Katanya, 'ini menteri baru bego amat, kaya gitu (dana hibah) kan sebenarnya bisa diputar dulu, Pak', begitu."


Hal itu misalnya dilakukan dengan mendepositokan uang tersebut. Dari situ akan dihasilkan bunga tanpa mengurangi jumlah uang tersebut. "Misalnya ditahan dulu, kan lumayan, sebelum gitu (dicairkan) kan nggak ngurangi duitnya aja udah lumayan bunganya," jelas Roy.

Meski demikian, ia mengaku tidak menjalankan saran tersebut. Alih-alih "memutar", ia segera menyerahkan dana hibah tersebut.

"Ya boleh ditanyakan, ke kantor Kemenpora saya langsung kasih saat itu meskipun kemudian muncul suara-suara," tutur Roy. "Suara gaib mengatakan, 'ini bego amat'. Tetapi saya bilang itu bukan hak kita, itu memang harus diserahkan."

Terkait penetapan Imam sebagai tersangka, Roy mengaku prihatin. Sebab di lain sisi, ia melihat bahwa prestasi olahraga yang ditorehkan oleh Kemenpora saat ini sedang meningkat.

"Sekali lagi saya sangat prihatin dan sangat menyayangkan itu terjadi," lanjut Roy. "Apalagi melihat prestasi olahraga yang, saya objektif ya, di tangan yunior saya ini, di tangan Cak Imam ini agak lumayan."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait