Tak Hanya Jokowi, Perwakilan Partai Komunis Tiongkok Juga Temui Megawati
Nasional

Sebelum berjumpa dengan Megawati, Kepala Polit Biro Hubungan Internasional Partai Komunis Tiongkok, Song Tao, mengadakan pertemuan dengan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor.

WowKeren - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri, turut bertemu dengan utusan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT), Xi Jinping. Pertemuan tersebut digelar di Hotel Mandarin Oriental, kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, pada Jumat (20/9).

Dalam pertemuan itu, utusan yang hadir adalah penasihat hubungan luar negeri Presiden Xi Jinping, Song Tao. Ia juga merupakan Kepala Polit Biro Hubungan Internasional Partai Komunis Tiongkok atau International Liaison Department of the Communist Party of China (IDCPC).

Menurut Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto, acara ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan antara Song Tao dan Presiden Joko Widodo pada Jumat pagi. "Maka hubungan antara partai dengan partai, sebagaimana menjadi tradisi PDIP, kami kembangan termasuk dengan IDCPC ini," terang Hasto.

Megawati dan Song Tao pun mengadakan makan siang bersama. Selain itu, kedua belah pihak juga berupaya untuk menjalin kerjasama antar partai politik. Pasalnya, partai politik dinilai sebagai second track diplomation.


"Mereka juga akan memberikan dukungan terhadap kerja sama antara kedua bangsa dan kedua negara," tutur Hasto. "Yang telah memiliki rekam jejak sejarah yang sangat panjang."

Hasto pun mengungkap bahwa Song Tao juga mengundang Megawati selaku Ketum PDIP untuk menghadiri pertemuan dengan seluruh partai politik se-Asia atau The International Conference of Asian Political Parties (ICAPP) 2019. "Jadi ada 10 partai politik yang akan diundang, dan untuk berdiskusi bersama membahas tentang kerja sama strategis dan saling tukar pikiran di antara para pimpinan partai tersebut," ujar Hasto.

Sementara itu, dalam pertemuannya dengan Jokowi, Song Tao diundang untuk hadir ke pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih pada 20 Oktober 2019 mendatang. Wakil Presiden RRT, Li Yuanchao, juga rencananya akan hadir dalam pelantikan Jokowi-Ma'ruf. Menurut Wakil Menteri Luar Negeri A.M. Fachir, pertemuan ini juga berbicara tentang investasi.

"Bahwa akan ada Wakil Presiden Tiongkok yang akan menghadiri pelantikan Bapak Presiden pada 20 Oktober nanti," tutur Fachir di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat (20/9). "Dan Bapak Presiden mengatakan terhormat kalau dihadiri juga oleh Wakil Presiden Tiongkok."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait