Heboh Ditemukan Ular 'Berkaki' Jadi Korban Karhutla, Ini Kata Ahli
Nasional
Darurat Kabut Asap Kalimantan

Baru-baru ini media sosial kembali dihebohkan dengan penemuan ular 'berkaki' yang menjadi korban karhutla. Menanggapi hal itu, ahli reptil Pandji menjelaskan kondisi yang sesungguhnya dari ular 'berkaki' tersebut.

WowKeren - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia memakan banyak korban. Tak sedikit dari hewan-hewan yang menghuni hutan-hutan tersebut yang mati terpanggang dalam karhutla tersebut.

Seperti video yang baru-baru ini beredar di media sosial. Dalam video tersebut memperlihatkan bangkai seekor ular yang terpanggang memiliki kaki di bagian ekornya. Kaki ular yang menjadi korban karhutla itu berwarna putih.


Tentu saja video yang diunggah di media sosial ini menjadi viral di kalangan netizen. Beragam spekulasi pun muncul terkait penemuan ular berkaki tersebut.

Salah satunya ada yang menyebutkan jika ular yang mati tersebut adalah naga (karena memiliki kaki di bagian ekornya). Terkait spekulasi-spekulasi yang ditimbulkan oleh netizen tersebut membuat seorang ahli menjelaskan tentang hal tersebut.

Pandji yang merupakan ahli hewan melalui akun Instagramnya @panjipetualang_real menjelaskan kondisi ular yang kerap diduga naga itu. Dalam unggahan ahli reptil tersebut menyebutkan jika bagian putih yang mencuat dari ekor ular tersebut adalah kelamin sang ular. Ia juga menyebutkan jika ular yang mati terpanggang itu adalah seekor King Cobra jantan.

"Seseorang tag saya menanyakan ini jenis ular apa, jawabannya ini adalah King Cobra jantan yang terbakar," tulis Pandji di akun Instagram pribadinya. "Adapun benda menyerupai kaki di dekat ekor adalah Kelamin ular yang keluar. Jadi bukan Naga ya.

Diketahui video yang viral ini diambil oleh salah satu pemadam kebakaran di Kelurahan Sekip Hilir, Rengat, Kabupaten Indagiri Hulu. Video ini sendiri diambil pada hari Rabu (18/9) dilihat dari tanggal yang tertulis pada video yang beredar.

Sebelumnya, penemuan seekor ular raksasa yang menjadi korban karhutla di Kalimantan juga membuat kehebohan masyarakat Indonesia. Dalam foto yang viral itu memperlihatkan seekor ular raksasa yang tampak gosong terpanggang akibat karhutla.

Namun, kehebohan tersebut segera reda berkat konfirmasi yang diberikan oleh pemadam kebakaran yang terjun langsung di tempat kejadian. Rihel, si petugas pemadam kebakaran itu menegaskan jika tidak ada ular raksasa atau Anaconda yang ditemukan dalam karhutla tersebut.

"Tidak benar, yang kami temukan cuma ular sanca kembang saja," kata Rihel yang menjadi petugas pemadam kebakaran Sampit, Kalimantan Tengah, Senin (16/9). Rihel juga menjelaskan jika di Kalimantan tak pernah ditemukan ular sebesar Anaconda yang berukuran raksasa.

You can share this post!

Related Posts
Loading...