Terpilih Jadi Wapres, Ma'ruf Amin Janjikan Kedaulatan Pangan
Nasional

Ia berharap Indonesia bisa meraih kedaulatan pangan dalam lima tahun ke depan. Tak hanya itu, Ma'ruf juga berharap agar kesejahteraan petani meningkat seiring dengan tercapainya kedaulatan pangan.

WowKeren - Kiprah Ma'ruf Amin usai terpilih sebagai Wakil Presiden RI periode 2019-2024 memang masih jarang terlihat. Namun baru-baru ini Ma'ruf akhirnya "berani" memberi bocoran soal rencana kerjanya lima tahun ke depan. Yakni soal kedaulatan pangan.

Ma'ruf berharap agar Indonesia bisa menciptakan kedaulatan pangan dalam lima tahun ke depan. Sehingga Indonesia tidak perlu lagi bergantung terhadap impor dari negara lain.

Selain itu, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) tersebut juga mengaku ingin mengubah arus lama perekonomian yang melahirkan konglomerasi. Menurutnya skema tersebut menciptakan kesenjangan.

"Makanya harus dibalik, sekarang pembangunan dari bawah. Tapi bukan membenturkan dari bawah ke atas, tapi kolaborasi agar saling menguatkan, bukan saling mematikan," kata Ma'ruf saat menghadiri acara Gerakan Nasional Kedaulatan Pangan yang diinisiasi MUI di Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (21/9). "Sehingga ekonomi nasional bisa lebih kuat lagi."

Menurutnya, Indonesia merupakan negara agraris yang bergantung terhadap hasil sumber daya alamnya. Namun dia mengaku ironis lantaran pemerintah saat ini masih banyak mengimpor pangan dari negara lain.


"Ini anomali kalau subur tapi impor. Pangan kebutuhan dasar manusia utama. Hak asasi manusia yang dijamin dalam UUD 45," katanya. "Negara wajib wujudkan ketersediaan dan kecukupan pangan, baik di tingkat nasional maupun daerah."

"Sebagai negara dengan jumlah penduduk besar dan sumber daya alam dan pangan beragam," imbuhnya menegaskan. "Indonesia (seharusnya) bisa memenuhi kebutuhan pangan secara berdaulat dan mandiri."

Oleh karena itu, MUI pun mendukung tekad pemerintah untuk mewujudkan kedaulatan pangan. Baik untuk lima tahun ke depan, maupun mewujudkan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia 2045 mendatang.

"Bahkan MUI berharap, Indonesia bisa memiliki kedaulatan pangan dalam lima tahun ke depan. Ini harus berjuang keras," tuturnya. "Ini bisa diwujudkan lewat gerakan nasional kedaulatan pangan yang kita lakukan sekarang."

Selain itu, Ma'ruf juga mengharapkan kesejahteraan petani meningkat seiring dengan perwujudan kedaulatan pangan. "Ini merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Sudah saatnya Indonesia berdaulat pangan di negerinya sendiri," pungkasnya.

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru