PDIP Solo Tentukan Nama Cawalkot, Adakah Nama Gibran?
Nasional

Putra sulung Jokowi itu dikabarkan siap memperebutkan kursi Solo 1 untuk periode 2020-2025. Isu ini kencang berembus usai Gibran kedapatan menanyakan syarat pencalonan kepada Ketua DPC PDIP Solo.

WowKeren - Isu putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka untuk menjadi Calon Wali Kota Solo periode 2020-2025 kembali kencang berembus. Pasalnya Gibran diketahui sempat menyambangi kediaman Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Solo, FX Hadi Rudyatmo, pada pekan lalu.

Namun isu ini akhirnya dimentahkan oleh pihak partai banteng sendiri. Dilansir dari Kompas TV, dikabarkan PDIP telah menentukan nama Bakal Calon Wali Kota Solo dan tak mencantumkan nama Gibran di dalamnya.

Adalah nama Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa yang akan diusung PDIP dalam kontes politik tersebut. Hal ini seperti dikonfirmasi oleh Rudy.

Menurut Rudy, terpilihnya pasangan Purnomo-Teguh merupakan aspirasi internal PDIP Solo. Kedua nama ini, jelas Rudy, nantinya akan disampaikan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Dengan pengusulan Purnomo-Teguh, maka kesempatan bagi nama lain otomatis tertutup.


"PDI Perjuangan sudah memproses Purnomo-Teguh untuk direkomendasikan ke DPP dan DPD," ujar Rudy ketika ditemui awak media di sela sebuah acara peresmian, Solo, Jawa Tengah, Minggu (22/9). "Nah sehingga Senin nanti beliau (Purnomo-Teguh) menyerahkan syarat-syarat pendaftaran, nanti kita langsung kirim ke DPP dan DPD."

"Ya sudah tidak ada (kesempatan bagi calon lain) karena sudah diproses," imbuh Rudy ketika awak media menegaskan soal kemungkinan pencalonan kandidat lain. "Dan 23 (September) nanti akan diserahkan ke DPP partai."

Untuk diketahui, isu pencalonan Gibran di Pemilihan Wali Kota Solo tahun depan kian santer berembus, apalagi setelah ayah Jan Ethes Srinarendra itu kedapatan menemui Rudy pekan lalu. Kala itu Gibran dikabarkan menanyakan soal tata cara pencalonan PIlwalkot lewat PDIP kepada sang Wali Kota Solo.

Nama Gibran memang menjadi salah satu unggulan dalam bursa Pilwalkot Solo 2020-2025. Hal ini sesuai dengan hasil survei yang digelar oleh Universitas Slamet Riyadi (Unisri), Solo, pada bulan Juli 2019 lalu.

"Ini sesuai dengan hasil survei yang kami lakukan," kata Ketua Laboratorium Kebijakan Publik Unisri, Suwardi, Kamis (25/7). "(Dalam kategori popularitas) dari total jumlah responden, 90 persennya mengenal Gibran."

(wk/elva)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru