8 Danau di Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan, Datangi Saat Membutuhkan Ketenangan
Travel

Indonesia memiliki banyak sekali danau dengan pemandangan indah yang menawarkan ketenangan bagi pengunjungnya. Berikut beberapa danau yang menyuguhkan pemandangan super indah yang bisa dijadikan pilihan destinasi liburan.

WowKeren - Karena berada di garis khatulistiwa, Indonesia dikenal sebagai negara yang memiliki kekayaan alam yang berlimpah. Selain itu, alam Indonesia juga dikenal memiliki pemandangan alam yang sangat indah.

Salah satu destinasi alam yang jadi favorit wisatawan di Indonesia adalah danau. Selain untuk menikmati keindahan yang ada, danau juga dapat dijadikan sebagai tempat istirahat untuk melepas lelah dan stres dari rutinitas harian.


Seperti yang diketahui, Indonesia memiliki banyak sekali danau yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Danau-danau ini biasanya memiliki daya tariknya tersendiri dengan menawarkan ketenangan, sehingga kita bisa bersantai sejenak.

Nah, dari sekian banyak danau yang ada di Indonesia, tim WowKeren telah merangkum beberapa di antaranya untuk kalian. Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Danau Toba, Danau Terbesar di Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan


Danau Toba, Danau Terbesar di Indonesia dengan Pemandangan Menakjubkan

Kalian pasti sudah tidak asing dengan Danau Toba. Danau Toba sendiri dikenal sebagai danau terbesar di Indonesia dengan panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau ini terbentuk karena letusan gunung berapi yang sangat besar hingga menghasilkan kaldera yang kemudian terisi air.

Keunikan dari danau ini adalah terdapat sebuah pulau di tengah-tengahnya, yakni Pulau Samosir yang memiliki luas hampir sama dengan negara Singapura. Selain itu, Danau Toba juga memiliki pesona luar biasa lainnya, mulai dari pemandangan alam yang indah, hingga budaya dan adat istiadat masyarakat setempat yang masih sangat kental.

2. Danau Sentani, Danau Indah di Papua yang Memiliki Bukit Teletubbies


Danau Sentani, Danau Indah di Papua yang Memiliki Bukit Teletubbies

Tidak hanya memiliki Raja Ampat yang eksotis, Papua juga memiliki Danau Sentani yang tak kalah indahnya. Danau yang terletak di lereng cagar alam Cycloop ini dikelilingi oleh 22 pulau yang masih dihuni suku Sentani.

Danau Sentani sangat terkenal dengan keanekaragaman biota laut yang khas, seperti ikan gabus, hiu sentani hingga hiu gergaji. Selain itu, danau ini juga memiliki bukit super indah yang dinamakan dengan Bukit Teletubbies. Untuk menikmati keindahannya, kalian harus naik ke Tugu MacArthur dan menyaksikan panorama pepohonan yang hijau dari atas bukit.

3. Danau Singkarak yang Super Indah Konon Awalnya Adalah Sebuah Laut


Danau Singkarak yang Super Indah Konon Awalnya Adalah Sebuah Laut

Danau berikutnya yang menyajikan pemandangan alam super indah adalah Danau Singkarak. Danau yang terletak di Sumatera Barat ini merupakan danau terluas kedua di Sumatera dan Indonesia setelah Danau Toba. Menurut cerita masyarakat setempat, danau ini dulunya adalah lautan lepas yang kemudian jadi hulu Sungai Batang Ombilin.

Jika berkunjung ke Danau Singkarak, kalian bisa melakukan berbagai kegiatan menarik. Mulai dari berenang di air yang jernih, berkeliling danau menggunakan sampan, memancing ikan dari tepi hingga ikut nelayan menangkap ikan. Yang tak kalah penting, kalian bisa bersantai di tepi danau sambil menikmati keindahannya.

4. Danau Kelimutu, Danau Indah dan Unik dengan Tiga Warna Berbeda


Danau Kelimutu, Danau Indah dan Unik dengan Tiga Warna Berbeda

Flores di Nusa Tenggara Timur memiliki sebuah danau yang sangat ciamik bernama Danau Kelimutu. Berada di ketinggan 1.638 mdpl, danau ini memiliki pesona alam yang sangat menakjubkan. Pasalnya daya tarik utama dari danau ini adalah tiga warna berbeda yang dimilikinya, yakni biru, merah dan putih.

Warna-warna itu selalu berubah seiring dengan berjalannya waktu. Dan ketiganya memiliki nama yang unik, yakni Tiwu Muri Koo Fai, Tiwu Ata Polo dan Tiwu Ata Mbupu. Karena keunikannya tersebut, Danau Kelimutu sangat sering dikunjungi wisatawan. Selain untuk menikmati keindahan alamnya yang sejuk dan asri, wisatawan biasanya juga tak lupa untuk berfoto karena Danau Kelimutu tergolong instagramable.

5. Ranu Kumbolo, Danau di Atas Gunung yang Sangat Asri dan Memukau


Ranu Kumbolo, Danau di Atas Gunung yang Sangat Asri dan Memukau

Bagi para pendaki mungkin sudah tidak asing dengan nama Ranu Kumbolo. Danau air tawar yang terletak di kawasan Gunung Semeru ini memiliki keindahan yang luar biasa dan sangat cocok untuk dijadikan tempat menikmati matahari terbit maupun terbenam.

Pesona Ranu Kumbolo tidak berhenti di situ, sebab warna airnya yang biru serta kabut yang menyelimuti area bukit membuat danau ini sangat menakjubkan. Selain itu, Ranu Kumbolo juga dikelilingi dengan pepohonan hijau dari atas bukit serta Tanjakan Cinta yang super indah.

6. Danau Labuan Cermin, Danau Eksotis yang Memiliki Air Sangat Jernih


Danau Labuan Cermin, Danau Eksotis yang Memiliki Air Sangat Jernih

Di Kecamatan Biduk-Biduk, Berau, Kalimantan Timur, ada sebuah danau super indah yang bernama Danau Labuan Cermin. Dinamai demikian karena danau ini memiliki air yang sangat jernih hingga bisa dibuat untuk bercermin. Selain itu, biota laut yang ada di dalamnya juga bisa terlihat dengan sangat jelas.

Ada hal lain yang terbilang sangat unik di danau ini. Sebab rasa air di permukaan danau ini tawar, sedangkan untuk air di bagian bawah rasanya cukup asin. Jika datang ke danau ini pengunjung diizinkan untuk berenang hingga menikmati keindahan biota laut dengan snorkeling. Tertarik kesana?

7. Nikmati Keindahan Telaga Warna yang Menyegarkan dari Atas Ketinggian


Nikmati Keindahan Telaga Warna yang Menyegarkan dari Atas Ketinggian

Danau berikutnya yang menawarkan keindahan alam menakjubkan adalah Telaga Warna. Berada di atas ketinggian sekitar 2.000 mdpl, danau ini bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi dan berjalan sedikit dari tempat parkir.

Karena letaknya yang cukup tinggi, suasana di sekitar Telaga Warna sangat sejuk dan menyegarkan. Menariknya, warna danau ini bisa berubah sewaktu-waktu, mulai dari hijau, kuning, ungu bahkan warna pelangi. Selain itu danau ini juga dikelilingi oleh pohon-pohon rindang yang tinggi dan memancarkan ketenangan. Sehingga rugi banget jika kamu pergi ke Dieng tanpa mengunjungi danau ini.

8. Danau Batur di Bali Memiliki Air Biru Kehijauan yang Sangat Memukau


Danau Batur di Bali Memiliki Air Biru Kehijauan yang Sangat Memukau

Terakhir adalah Danau Batur yang terletak di Desa Penelokan Utara, Kintamani, Bali. Dari danau ini, kalian bisa menikmati pemandangan Gunung Batur yang indah dengan perahu yang disediakan.

Selain itu, pengunjung juga dapat mengabadikan momen indah terbenamnya matahari dari danau ini. Menariknya lagi, kalian akan merasakan ketenangan dengan melihat air danau yang berwarna biru kehijauan. Karena itu, baik wisatawan lokal maupun asing biasanya betah berlama-lama saat berada di Danau Batur ini.

Demikian delapan danau dengan pemandangan yang menakjubkan di Indonesia. Simak juga artikel ini untuk mengetahui berbagai air terjun dengan pemandangan indah di Jawa Barat. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui beberapa tempat wisata di Indonesia yang mirip dengan milik luar negeri.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait