Istana Bantah Jokowi Tak Peka Pada Korban Kabut Asap Usai 'Mejeng' Bareng Jan Ethes
http://presidenri.go.id/
Nasional

Publik menilai Presiden Jokowi tidak peka lantaran mengunggah videonya bersama Jan Ethes kala banyak masyarakat di sejumlah daerah tersiksa akibat kabut asap dari karhutla.

WowKeren - Presiden Joko Widodo baru-baru ini menuai banyak kritik kala membagikan kegiatannya bersama sang cucu laki-laki, Jan Ethes. Publik menilai Jokowi tidak peka lantaran banyak masyarakat di sejumlah daerah yang tersiksa akibat kabut asap dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Menanggapi kritik tersebut, pihak Istana pun buka suara. Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi, Adita Irawati, membantah bahwa Jokowi tidak berempati terhadap para korban kabut asap karhutla.

"Beliau mengunggah video itu bukan berarti tidak peka," tegas Adita dilansir Tempo, Minggu (22/9). "Setiap saat beliau selalu memantau perkembangan dan menerima laporan maupun memberikan instruksi kepada para menteri atau badan terkait."

Sebelumnya, akun media sosial Jokowi membagikan vlog sang Presiden dan cucunya bermain bersama di Istana Kepresidenan Bogor. Dalam video tersebut, Jokowi dan Jan Ethes tampak berlari bersama, memberi makan rusa, serta berkeliling Istana Bogor dengan mengendarai mobil golf.


Sementara itu, ini bukan pertama kalinya Jokowi mendapat kritik terkait penanganan karhutla. Sebelumnya, foto sepatu Jokowi dan Menteri-Menterinya yang kotor usai peninjauan karhutla di Riau pun dicibir.

Walhi Riau lantas menilai Jokowi maupun Menteri-Menterinya tak perlu menunjukkan kondisi sepatu mereka. Deputi Direktur Eksekutif Daerah Walhi Riau, Fandi Rahman, menyebut bahwa Jokowi seharusnya bisa memperlihatkan sosoknya sebagai kepala negara dalam menyelesaikan kasus karhutla.

"Seharusnya ketika Presiden ke sana itu bukan beliau datang untuk kotor-kotor, tapi untuk menyelesaikan," tutur Fandi di Kantor Walhi Nasional, Jakarta Selatan, pada Rabu (18/9). "Apa perintahnya terkait proses penyelesaian karhutla ini."

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, bahkan sampai membuat puisi bertajuk "Sajak Sepatu Kotor". Dalam puisinya, Fadli menyinggung sepasang sepatu kotor yang dipamerkan di tengah-tengah kebakaran hutan.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait