Ikut Gelar Aksi Demo, Mahasiswa Bandung Suarakan 'Sakaratul Maut Demokrasi'
Nasional

Demo mahasiswa terjadi serentak di sejumlah daerah di Indonesia mulai dari Yogyakarta, Bandung, Makassar, dll. Aksi demo yang dilakukan tersebut dengan kompak menyuarakan keprihatinannya soal demokrasi yang diambang 'sakaratul maut'.

WowKeren - Sejumlah mahasiswa telah melakukan demo serentak di sejumlah daerah di Indonesia, Senin (23/9). Kali ini di Kota Bandung ribuan mahasiswa dari berbagai elemen kampus menggelar unjuk rasa.Dalam aksi unjuk rasa tersebut, mereka menyuarakan keprihatinan atas kondisi bangsa yang menurut mereka dalam keadaan sakaratul maut demokrasi.

Mahasiswa-mahasiswa tersebut memprotes terkait pengesahan UU KPK, dan rencana pengesahan sejumlah RUU seperti RUU KUHP, RUU Pemasyarakatan dan Revisi UU Pertahanan.

Dilansir CNNIndonesia, mahasiswa-mahasiswa tersebut nampak mulai berkumpul sejak pukul 11.00 WIB. Hingga pukul 13.00 WIB, jumlah mereka terus bertambah hingga mencapai ribuan mahasiswa.

Mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi tersebut membawa spanduk dan poster berisi penolakan terhadap berbagai RUU. Seorang koordinator aksi Angga Firmansyah mengatakan, demonstrasi akan digelar di depan Gedung DPRD Jabar.

"Kami akan lakukan longmarch dari Monumen Perjuangan menuju gedung DPRD Jabar," kata mahasiswa USB YPKP Bandung itu. Ia juga menyebutkan jika unjuk rasa ini dilakukan karena kekecewaan para mahasiswa karena DPR tengah kejar tayang untuk mengesahkan RUU yang menguntungkan penguasa dan merugikan rakyat seperti UU KPK, RUU KUHP, Revisi UU Pertanahan hingga RUU Pemasyarakatan.


"Kami dari berbagai kampus sudah mengkaji semua RUU tersebut dan sepakat untuk minta dibatalkan," ujarnya. "Kami meminta presiden untuk mencabut semua Revisi UU tersebut."

Lebih lanjut, Angga menyebutkan jika aksi unjuk rasa ini dilakukan tidak hanya hari ini, Senin (23/9) saja. Karena jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, maka mereka akan mengadakan gelombang aksi yang lebih besar lagi.

Tak main-main, bahkan para mahasiswa ini mengancam akan langsung membawa massa yang lebih besar langsung ke Jakarta. "Kami akan melakukan aksi lanjutan yang massa-nya lebih banyak dibanding hari ini. Kami akan langsung ke Jakarta," katanya.

Sebelumnya, demonstrasi yang digelar oleh mahasiswa merebak ke sejumlah daerah di Indonesia. Aksi-aksi protes tersebut bertujuan untuk menghentikan pemerintahan Jokowi dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) yang mengesahkan sejumlah rancangan undang-undang.

Demo-demo mahasiswa ini digelar serentak di di Riau, Jombang, Bali Bandung, Jakarta, Yogyakarta, hingga Makassar. Gelombang demonstrasi ini hanya berselang beberapa pekan menjelang pelantikan Jokowi sebagai presiden untuk periode keduanya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru