Polisi Sebut Kurusuhan di Wamena Untuk Curi Perhatian Sidang PBB
Nasional

Pemerintah menganggap jika kerusuhan yang terjadi di Wamena, Jayapura, Papua pada Senin (23/9) kemarin sengaja dilakukan untuk mencuri perhatian Sidang PBB. Pasalnya, rangkaian Sidang tersebut dimulai sejak 17 September lalu.

WowKeren - Polri menduga jika kericuhan yang terjadi di kota Wamena, Jayapura, Papua, Senin (23/9) sengaja diciptakan oleh oknum tertentu. Hal ini dicurigai karena sebelumnya, kondisi di Bumi Cendrawasih tersebut sudah aman dan tertib.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karo Penmas) Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menyatakan jika oknum tersebut sengaja mengatur kerusuhan agar keadaan memanas lantaran saat ini tengah berlangsung Sidang Umum Ke-74 PBB di New York, Amerika Serikat (AS).

"Untuk kejadian Papua, kita harus melihatnya secara luas," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (24/9). "Bahwa sedang ada Sidang Umum PBB di New York tanggal 23 sampai 27 September ini."

Dedi menekankan jika kelompok itulah yang selama membuat onar dengan menjual isu kemerdekaan di Papua ingin mencuri perhatian para peserta Sidang Umum PBB. Mereka hendak memanfaatkan momentum tersebut.


"Kaitannya dengan situasi terkini di Papua, diduga kelompok-kelompok yang mendalangi kerusuhan di Papua memanfaatkan momen untuk mencari perhatian karena sedang ada Sidang Umum PBB," jelasnya.

Tak hanya Dedi, hal senada pun diucapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto. Ia juga menduga jika kerusuhan yang terjadu di Wamena dan Jayapura berkaitan dengan pelaksanaan Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), yang tengah digelar di New York, Amerika Serikat.

"Pasti ini menyangkut apa yang sedang kita laksanakan di New York 23 September ini," kata Wiranto di Gedung Kemenkopolhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (23/9) kemarin.

Meski begitu, Wiranto masih belum mau membahas lebih lanjut terkait kerusuhan yang kembali terjadi di Bumi Cendrawasih tersebut. Ia hanya menyebutkan jika banyak korban yang telah berjatuhan akibat kerusuhan tersebut. Untuk keadaan di Wamena juga masih belum kondusif.

Sekedar informasi, rangkaian Sidang Majelis Umum ke-74 PBB (United Nations General Assembly-UNGA) sudah dimulai pada 17 September 2019. Para pemimpin berbagai negara berkumpul di Markas PBB di New York, AS.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru