Orasi di Depan Massa Mahasiswa, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo: '98 Saya Juga Seperti Kalian
Nasional

Aksi mahasiswa di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah pada hari ini (24/9) sempat memanas hingga diwarnai oleh perobohan pagar.

WowKeren - Mahasiswa di sejumlah wilayah di Indonesia mulai turun ke jalanan untuk menyuarakan aspirasi mereka terkait kebijakan pemerintah yang dinilai merugikan masyarakat. Salah satunya adalah massa mahasiswa yang melakukan aksi di depan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah, pada hari ini (24/9).

Aksi di depan Gedung DPRD Jateng ini sempat memanas hingga diwarnai perobohan pagar. Setelah suasana kondusif, Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Abiyoso Seno Aji, pun menenangkan massa dan menyebut bahwa Gubernur Jateng Ganjar Pranowo akan menemui mereka.

"Teman-teman mahasiswa harap bersabar, Bapak Gubernur akan menemui," tutur Abiyoso. "Jangan anarki, jangan sampai yang diperjuangkan sia-sia."

Sang Gubernur pun lantas berorasi di hadapan massa mahasiswa. Mengenakan kemeja berwarna putih, Ganjar menyampaikan orasinya di atas mobil orator.

"Saya sempat berkomunikasi dengan teman-teman mahasiswa, mereka menyampaikan 'Pak Ganjar saya besok mau demo', silakan," tutur Ganjar di hadapan para mahasiswa. "Dua hari, tiga hari lalu."


Ganjar lantas menyatakan bahwa dirinya ingin aksi mahasiswa tersebut berjalan dengan tertib. Awalnya, Ganjar berencana untuk mengajak mahasiswa dan anggota dewan beraudiensi di dalam ruangan.

"(Tahun) '98 saya juga seperti kalian. Saya berharap Jawa Tengah bisa dengan gaya lain, gaya yang dialogis, gaya yang cerdas seperti teman-teman, gaya yang bisa menyampaikan," ujar Ganjar. "Apapun tuntutan yang akan Anda sampaikan kepada kami, Gubernur sebagai wakil pemerintah pusat di daerah, akan kami sampaikan."

Ia pun lantas meminta ada perwakilan mahasiswa yang dapat diajak duduk bersama. "Sampaikan terbuka agar saya dengarkan. Kalau teman-teman cukup di sini, kita sudah sampaikan ke seluruh Indonesia apa yang disampaikan teman-teman disini," jelas Ganjar.

Selain itu, Ganjar juga menyinggung soal pagar gedung DPRD yang roboh. Ia menyebut bahwa pagar tersebut dibuat dari anggaran yang berasal dari uang rakyat.

"Saya senang, tapi sebenarnya tidak berharap ada anggaran saya yang harus keluar untuk membangun pagar. Saya tidak berharap," pungkas Ganjar. "Itu uang Anda. Ketika kemudian seluruh ruang sudah kami buka untuk bicara, kami sebenarnya sangat welcome, bahkan sejak pagi saya stand by menunggu."

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru