Jawab Ramainya Polemik Karhutla, Jokowi Unggah Video Ini
Nasional

Melalui akun Instagram resminya, Presiden Joko Widodo mengunggah sebuah video berisi cuplikan para pejuang pemadam kebakaran yang tengah berusaha memadamkan titik api.

WowKeren - Bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda sejumlah wilayah Kalimantan dan Sumatera masih menjadi sorotan. Sejumlah tuntutan ramai dilayangkan kepada pemerintah untuk segera menyelesaikan masalah yang kian serius tersebut.

Namun, di tengah ramainya polemik tersebut, Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengunggah sebuah video melalui akun Instagram miliknya. Dalam unggahan tersebut, Jokowi menyampaikan terima kasihnya pada para petugas yang telah berusaha keras memadamkan titik api.

Dalam video berdurasi 59 detik tersebut, memperlihatkan kumpulan foto para petugas damkar yang bekerja memadamkan karhutla. Tak hanya mengucapkan terima kasih, melalui video tersebut Jokwoi juga ingin menunjukkan bahwa selama ini pemerintah tidak tinggal diam terkait karhutla.


"Untuk mereka yang bekerja dalam senyap... Terima kasih," demikian bunyi caption pada unggahan tersebut, Selasa (24/9).

Pada bagian akhir video, Jokowi berharap agar asap karhutla segera bisa ditangani. Dengan begitu, masyarakat yang terpapar dampaknya di Kalimantan maupun Sumatera bisa segera kembali menghirup udara segar.

"Semoga api segera padam," kata Jokowi. "Dan anak-anak kita tak lagi terpapar asap."

Sebelumnya, LSM pemerhati lingkungan Greenpeace mendesak Jokowi untuk menetapkan status bencana nasional terhadap karhutla. Sebab dengan begitu, pemerintah bisa memfokuskan sumber daya ke sana agar masalah cepat teratasi.

"Yang paling penting sekarang bagi negara adalah negara harus segera menetapkan ini sebagai bencana nasional," kata Kepala Kampanye Hutan Global Greenpeace Indonesia Kiki Taufik di Jakarta Pusat, Selasa (24/9). "Dengan menetapkan status bencana nasional maka seluruh resource atau sumber daya harus kesana bantu."

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru