Khofifah Temui Bupati Mimika, Bahas Nasib Warga Jatim yang Masih Mengungsi
Nasional

Gubernur Jatim Khofifah akan bertemu dengan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng. Pertemuan tersebut guna membahas terkait koordinasi untuk memulangkan warga Jatim yang masih mengungsi di Mimika.

WowKeren - Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berencana akan melakukan pertemuan dengan Bupati Mimika Eltinus Omaleng hari ini, Senin (30/9). Dalam pertemuan ini, Khofifah akan berkoordinasi dengan Eltinus terkait nasib warga Jawa Timur yang masih mengungsi di Mimika.

"Besok Bupati Mimika akan datang (ke Surabaya)," ujar Khofifah usai melepas pengungsi Papua yang akan kembali ke daerah asal, Minggu (29/9). "Sudah dalam konfirmasi, karena juga sebagian dari saudara kita dari Wamena, mereka ada di Mimika."

Tak hanya dengan Eltinus, Khofifah juga akan berkoordinasi dengan TNI AL. Hingga saat ini pihak Khofifah masih mendata berapa jumlah pengungsi asal Jawa Timur di Wamena yang ingin pulang namun masih terjebak di sekitar Bandara Wamena.

Sebelumnya, telah datang 40 orang warga Jawa Timur yang selamat dari kerusuhan di Wamena tiba di Surabaya, Minggu (29/9). Mereka ditampung di Asrama Transito milik Disnakertrans Provinsi Jatim, Jalan Margorejo Surabaya sementara sebelum dipulangkan ke kampung halaman masing-masing.


Khofifah menjelaskan bahwa ke-40 warga Jatim ini merupakan pekerja di Wamena. “Ketika ada kerusuhan kemarin, ada konflik sosial, akhirnya mereka ingin kembali dulu di sini (Jatim)," jelasnya. "Nanti setelah mereka kembali di sini, kita akan komunikasikan baiknya mereka melakukan dagang atau kerja di sini atau bagaimana memutuskan selanjutnya."

Staff Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jatim, Novi Widiani menyebutkan jika 40 warga Jatim tersebut di antaranya berasal dari Sampang, Mojokerto, dan Lumajang. “Dari 40 orang pengungsi itu, 32 orang di antaranya berasal dari Sampang. Sedangkan, sisanya berasal dari Mojokerto dan Lumajang," ujar Novi, Minggu (29/9). "Kami akan antar pulang ke keluarganya. Tapi untuk sementara kami persilakan mereka istirahat dulu."

Khofifah menemui ke-40 warga Jatim tersebut sekitar 30 menit. Setelahnya ia melepas kepergian mereka untuk pulang ke daerah asal masing-masing.

Ada satu bus dengan tujuan Sampang, Madura, kemudian ada dua mobil dengan tujuan masing-masing Lumajang dan Mojokerto. Selain itu, Khofifah juga memberikan santunan kepada 40 warga Jatim tersebut.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru