Sehat Dan Lezat, 7 Kuliner Olahan Aloe Vera Ini Wajib Banget Kalian Coba!
Kuliner

Kandungan anti-oksidan dalam lidah buaya juga bermanfaat sebagai penangkal racun dan menghalau penumpukan kotoran dalam usus. Nah, untuk menikmati segudang manfaat aloe vera, kalian bisa mencoba beberapa jenis kuliner olahan tanaman unik ini.

WowKeren - Aloe vera atau yang juga kerap disebut dengan lidah buaya memang diketahui sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat. Sudah banyak produk perawatan wajah yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utama mereka terutama sebagai pelembab wajah.

Hal ini karena lidah buaya telah dikenal lama dengan kandungan vitamin seperti vitamin A, C, E, B1, B2, B6, dan B12 yang sanggup menghalau radikal bebas. Bersifat anti-oksidan yang dapat meningkatkan elastisitas kulit.


Selain itu, kandungan anti-oksidan dalam lidah buaya juga bermanfaat sebagai penangkal racun dan menghalau penumpukan kotoran dalam usus. Hasilnya, pencernaan kalian akan lebih sehat dengan asam dan basa yang normal juga populasi bakteri baik dalam usus dapat tetap terjaga.

Nah, untuk menikmati segudang manfaat aloe vera, kalian bisa mencoba beberapa jenis kuliner olahan tanaman unik ini. Berikut tim WowKeren rangkum 7 kuliner hasil olahan aloe vera yang bisa kalian coba. Yuk disimak!

(wk/putr)

1. Salad Lidah Buaya Bisa Jadi Pilihan Makanan Sehat Dan Segar


Salad Lidah Buaya Bisa Jadi Pilihan Makanan Sehat Dan Segar

Jika udara sedang panas, kalian pasti ingin memakan sesuatu yang segar. Nah salad aloe vera ini bisa jadi alternatif. Meskipun terdengar asing, namun salad ini tentu memiliki rasa yang nikmat serta khasiat yang bagus untuk tubuh. Salad yang sekilas mirip asinan ini terdiri dari udang, timun, wortel dan tentunya saus yang bisa kalian sesuaikan dengan selera pribadi.

Cara membuatnya juga gampang. Kalian hanya tinggal perlu merendam lidah buaya yang telah diiris ke dalam air biasa selama 5-10 menit untuk menghilangkan lendirnya. Setelah itu campur semua bahan-bahan tadi dengan potongan lidah buaya. Jangan lupa untuk masukkan salad ke kulkas terlebih dahulu selama 15 menit sebelum dikonsumsi supaya lebih segar.

2. Aloe Vera Smoothies Yang Enak Dan Sudah Pasti Sehat


Aloe Vera Smoothies Yang Enak Dan Sudah Pasti Sehat

Smoothies aloe vera kini menjadi salah satu minuman yang sedang nge-tren untuk menurunkan berat badan loh. Jika diolah dengan baik dan benar, kalian enggak usah khawatir soal rasa tidak nyaman di perut. Dengan campuran susu dan buah-buahan lain, aloe vera smoothies kalian dijamin bakal bikin ketagihan.

Sebisa mungkin menggunakan komposisi lidah buaya yang masih segar agar rasa dan vitamin yang terkandung dapat diperoleh dengan sempurna. Selain itu, jangan ragu untuk menambahkan air perasan jeruk nipis pada minuman jus lidah buaya buatan kalian dikarenakan air tersebut bisa memperkaya rasa dan juga menghilangkan bau menyengat terhadap bahan tertentu.

3. Es Susu Lidah Buaya Yang Bikin Hari Kalian Bakal Adem Seharian


Es Susu Lidah Buaya Yang Bikin Hari Kalian Bakal Adem Seharian

Cuaca terik dapat membuat tubuh kalian merasa lelah dan menyebabkan dehidrasi. Untuk memulihkan dengan cepat, kalian butuh minuman segar yang dapat mengembalikan cairan yang hilang. Salah satunya adalah perpaduan antara susu dan lidah buaya yang terkenal ampuh untuk menurunkan suhu tubuh.

Cara membuatnya gampang banget. Masukkan lidah buaya yang sudah bersih dan dipotong ke dalam rebusan air dan daun pandan selama kurang lebih 3 menit. Setelah itu, angkat dan saring lidah buaya. Didihkan air baru, tambahkan gula dan daun pandan, dan aduk hingga menguap. Masukkan kembali lidah buaya dan masak selama kurang lebih 2 menit lalu dinginkan. Tuang lidah buaya dalam gelas saji serta tambahkan susu dan es batu agar lebih segar.

4. Coba Juga Kuliner Kekinian Aloe Vera Raindrop Cake


Coba Juga Kuliner Kekinian Aloe Vera Raindrop Cake
https://www.pepper.ph/

Beralih ke dessert yang memanjakan mata nih. Salah satu olahan aloe vera yang patut kalian coba adalah Raindrop Cake Aloe Vera. Sajian khas Jepang tersebut terbuat dari agar-agar yang diberi saus gula merah dan bubuk kacang.

Cara membuatnya juga gampang dan seperti membuat raindrop cake biasa. Namun bedanya, kalian bisa memasukkan potongan daging aloe vera dalam adonan agar-agar tersebut. Dengan potongan atau puree lidah buaya kamu akan mendapat rasa baru dalam sajian agar-agar itu.

5. Traditional Chinese Aloe Vera Soup Yang Punya Rasa Unik


Traditional Chinese Aloe Vera Soup Yang Punya Rasa Unik
https://5erenity2.com/

Jika bosan dengan hidangan aloe vera yang manis, kalian bisa coba kuliner dari Tiongkok ini. Di Negeri Tirai Bambu, aloe vera juga disajikan ke dalam bentuk sup tradisonal yang kaya akan rempah loh! Sajian yang satu ini memiliki rasa enak dan pastinya sehat.

Mengkonsumsi sup ini selain menyegarkan juga bisa membuat energimu kembali. Sup tradisional lezat ini disajikan dengan beragam jenis rempah serta isian yang di dalamnya terdiri dari dari lidah buaya, biji-bijian, serta kacang.

6. Lidah Buaya Jeruk Nipis, Perbaduan Sempurna Asam Dan Manis


Lidah Buaya Jeruk Nipis, Perbaduan Sempurna Asam Dan Manis

Siapa yang bakal menolak kesegaran minuman jeruk nipis dingin? Minuman satu ini merupakan salah satu pilihan terbaik untuk menurunkan suhu tubuh, apalagi jika dibarengi dengan aloe vera. Kesegaran jeruk nipis dan potongan aloe vera yang menampah tekstur makin membuat minuman satu ini jadi favorit.

Cara membuatnya kalian hanya tinggal Membuat larutan asam dengan campuran satu liter air dan satu sendok makan perasan jeruk nipis. Rendam daging lidah buaya dalam larutan asam tersebut kemudian bilas dengan air matang. Tuang es batu ke dalam gelas kemudian beri potongan daging lidah buaya. Jika suka, dapat menambahkan sirup sesuai selera. Sajikan dingin agar terasa lebih segar.

7. Teh Aloe Vera Yang Hangat Dan Sekaligus Sehat


Teh Aloe Vera Yang Hangat Dan Sekaligus Sehat

Jika selama ini daging lidah buaya yang sering diolah menjadi minuman segar, kali ini kalian dapat mencoba membuat teh dengan kulit lidah buaya yang disajikan hangat. Teh lidah buaya dikenal memiliki khasiat sebagai penghilang stress dan dapat mengatasi gangguan pada pencernaan. Selain itu, teh lidah buaya juga dapat mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Cara membuatnya juga gampang. Kalian tinggal cuci bersih kulit lidah buaya. Tiriskan. Iris kulit lidah buaya menjadi potongan kecil kemudian jemur di bawah sinar matahari hingga kering. Jika ada, kalian juga bisa menggunakan oven untuk mengeringkannya. Setelah seluruh kulit lidah buaya mengering, kalian bisa menyeduhnya seperti teh biasa. Beri gula atau susu sesuai selera dan lebih nikmat jika sajikan hangat.

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel