Intip 7 Tips Menjaga Koper Saat Traveling Berikut Agar Perjalanan Kalian Jadi Aman dan Nyaman
Travel

Koper yang berada di bagai juga tak bisa sepenuhnya kita awasi. Sehingga kita sering mengalami kejadian tak menyenangkan seperti perusakan koper atau bahkan pencurian.

WowKeren - Jika kalian adalah orang yang sering traveling, koper adalah salah barang paling penting. Koper dinilai lebih praktis ketimbang tas bepergian lain. Hal ini karena koper bisa memuat baju dan kebutuhan lain lebih banyak. Tak tanya itu, koper juga terbuat dari bahan yang kuat serta memiliki roda di bawahnya sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Namun karena bentuknya yang lumayan besar, beberapa koper biasanya tak bisa ikut dibawa masuk kedalam transportasi. Pelanggan yang membawa koper besar harus memasukkan kopernya ke dalam bagasi. Nah karena itu, sering kejadian koper penumpang satu dan lainnya tertukar.

Selain itu, koper yang berada di bagai juga tak bisa sepenuhnya kita awasi. Sehingga kita sering mengalami kejadian tak mengenakkan seperti perusakan koper atau bahkan pencurian. Bingung bagaimana caranya menjaga koper kalian agar aman? Berikut tim WowKeren rangkum 7 tips menjaga koper kalian. Yuk disimak.

(wk/putr)

1. Pakailah Koper Dengan Warna Terang Agar Mudah Terlihat


Pakailah Koper Dengan Warna Terang Agar Mudah Terlihat

Jaman sekarang sudah banyak produsen koper yang menawarkan berbagai warna dan bentuk unik. Ini bukan hanya sekedar desain loh. Koper yang biasa-biasa saja agak rawan untuk dicuri atau tertukar. Jika hendak membeli koper, usahakan pilih koper dengan model dan warna yang berbeda daripada koper-koper yang umum lainnya.

Tidak perlu yang terlalu nyentrik namun sesuai selera kita masing-masing saja. Koper dengan warna terang akan lebih mudah diingat dan minim risiko tertukar di bagasi bandara. Selain itu, memiliki koper dengan warna dan bentuk yang unik juga bisa membuat orang sekitar kita ingat jika itu milik kalian.

2. Menghias Koper Dengan Stiker Agar Mudah Dikenali


Menghias Koper Dengan Stiker Agar Mudah Dikenali

Jika kalian terlanjur punya koper dengan warna yang pasaran, enggak usah sampai beli koper baru. Kalian bisa menghias koper kalian dengan berbagai macam aksesoris. Salah satu yang paling simpel adalah stiker.

Kalian bisa menempelkan stiker favorit kalian di koper hingga membuat kalian dengan mudah mengenalinya. Selain itu kombinasi stiker yang unik akan membuat koper kalian menjadi satu-satunya koper dengan desain seperti itu. Jadi kalau ada orang asing yang membawa koper kalian, kalian bisa dengan mudah menangkapnya.

3. Lapisi Koper Dengan Plastic Warp Agar Tidak Mudah Dibuka Orang Asing


Lapisi Koper Dengan Plastic Warp Agar Tidak Mudah Dibuka Orang Asing

Saat di bandara kalian pasti sudah sering melihat orang yang membawa koper dengan dibungkus oleh plastik. Itu merupakan hal yang disengaja loh. Fungsi dari plastic wrap adalah untuk melindungi koper dari gesekan, benturan yang bisa membuat lecet bagian luar koper. Selain itu, plastic wrap juga akan membuat koper kamu lebih aman jika ada penjahat mengincar.

Layanan plastic wrap sudah tersedia ada di bandara. Walaupun cara ini akan menambah biaya, cara ini cukup efektif mengurangi resiko kehilangan barang karena koper kita akan sulit dibongkar oleh para penjahat. Walaupun jika sampai ada yang nekat membongkar, bekas plastic wrap akan meninggalkan bekas yang gampang dilihat, kita juga bisa mengajukan protes ke pihak bandara.

4. Lepas Airline Tag Sesegera Mungkin Usai Melakukan Perjalanan


Lepas Airline Tag Sesegera Mungkin Usai Melakukan Perjalanan

Untuk kalian yang sering bepergian naik pesawat, kalian kadang kala lupa melepas Airline Tag pada koper kalian kan? Mulai sekarang usahakan untuk melepas tag itu sesegera mungkin ya. Hal ini bisa berakibat fatal yakni, koper kalian akan dibawa ke pesawat lain oleh petugas bandara.

Selain itu usahakan untuk memilih jadwal penerbangan yang langsung sampai di tempat tujuan atau minimal sekali transit. Karena, semakin sering kalian transit, apalagi berpindah penerbangan, maka semakin besar resiko bagasi akan hilang karena seringnya dipindahkan ke berbagai tempat.

5. Foto Bagian Luar Koper Secara Teliti Untuk Menjadi Bukti


Foto Bagian Luar Koper Secara Teliti Untuk Menjadi Bukti

Usai packing jangan lupa untuk memotret bagian luar koper. Meski terdengar aneh, namun cara ini bisa menjadi barang bukti kalian jika sewaktu-waktu terlihat tanda-tanda perusakan pada koper. Dengan foto itu, kalian bisa melihat perbedaan koper sebelum dan sesudah perjalanan.

Cara ini bisa menjadi barang bukti kamu jika sewaktu-waktu mengalami kerusakan koper atau koper dibuka tanpa izin saat di bagasi bandara. Kamu bisa mengajukan komplain dengan menunjukkan foto kondisi awal koper kamu.

6. Jangan Masukkan Barang Berharga Dalam Koper


Jangan Masukkan Barang Berharga Dalam Koper

Meski koper muat untuk menyimpan berbagai barang kamu, hindari untuk menyimpan barang-barang penting dan berharga di dalam koper. Sebaiknya, bawa tambahan tas kecil khusus untuk membawa barang-barang berharga.

Pastikan barang-barang penting kalian dimasukkan ke dalam daypack atau mini koper yang akan kalian bawa di pesawat selama perjalanan agar kalian bisa langsung menjaga barang bawaan kalian. Usahakan hanya barang-barang primer yang ditaruh di koper bagasi, seperti pakaian, sepatu alat mandi bahkan oleh-oleh.

7. Gunakan Asuransi Perjalanan Sebagai Cadangan


Gunakan Asuransi Perjalanan Sebagai Cadangan

Banyak yang berpendapat jika asuransi perjalanan itu kurang penting. Jangan salah, ada keuntungan tersendiri jika kita menggunakan asuransi perjalanan, salah satunya adalah adanya kompensasi penggantian bagasi yang hilang/rusak. Memang enggak bisa mengganti seluruh kerugian jika bagasi kita hilang/rusak, tapi adanya kompensasi setidaknya bisa menghibur hati dibanding marah-marah tanpa dapat apapun

Sebelum merencanakan perjalanan, jangan lupa untuk membekali diri kalian dengan asuransi perjalanan. Hal ini karena asuransi tidak hanya risiko kecelakaan selama perjalanan, tetapi juga risiko lainnya seperti kehilangan atau pencurian barang berharga dan barang bawaan, serta penundaan atau pembatalan jadwal perjalanan oleh maskapai penerbangan.

You can share this post!

Related Posts