Anies Baswedan Ungkap Alasan Gratiskan Biaya RS Bagi Pengunjuk Rasa
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa pihak pemerintah provinsi telah berkoordinasi dengan 24 rumah sakit untuk mempercepat proses penanganan korban unjuk rasa.

WowKeren - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah menggratiskan biaya perawatan rumah sakit bagi para pengunjuk rasa. Adapun hal itu bukan tanpa alasan.

Anies mengatakan alasannya menggratiskan biaya rumah sakit adalah murni karena alasan kemanusiaan. Hal itu terlepas dari apapun status hukum orang tersebut. "Apapun status hukumnya, ketika seseorang membutuhkan pelayanan kesehatan ya dia harus diberi pelayanan kesehatan," kata Anies di Jakarta, dilansir dari Antara, Rabu (2/10).

Dengan menggratiskan biaya tersebut, Anies ingin agar pihak rumah sakit benar-benar memberikan pelayanan kesehatan tanpa mengkhawatirkan biaya perawatan. Sebab selama ini yang sering dikhawatirkan adalah siapa yang menanggung biaya.

"Jika ada kejadian orang dengan kondisi medis yang perlu pelayanan, kami ingin rumah sakit menangani tanpa khawatir dan ada pertanyaan nanti yang nanggung siapa?" tutur Anies. "Pada saat menangani jangan khawatir, Pemprov akan tangani. Begitu."


Meski demikian, Anies menilai bahwa menggratiskan biaya perawatan RS untuk para pengunjuk rasa tidak akan memberatkan keuangan daerah. Sebab, jumlah masyarakat yang butuh penanganan medis tidaklah banyak. "Jadi secara jumlah itu tidak banyak," ucap Anies.

Dalam serangkaian demonstrasi yang berlangsung di Jakarta sejak Senin (23/9) lalu, pihak Pemerintah Provinsi telah berkoordinasi dengan 24 rumah sakit. Hal itu guna mempercepat proses penanganan pengunjuk rasa jika ada yang terluka akibat demo berujung ricuh.

Untuk mendukung percepatan proses penanganan tersebut, Pemprov juga telah mengerahkan petugas ambulans. "Sekaligus kami memfasilitasi pembiayaan pengobatan bagi warga yang menjadi korban luka," ucap mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tersebut.

Sebelumnya, untuk memastikan bahwa rumah sakit yang telah bekerja sama dengan Pemprov benar-benar-benar memberikan pelayanan yang diharapkan, Anies mendatanginya. "Saya datangi rumah sakit yang memang kita kelola untuk pastikan bahwa rumah sakit kita siap responsif. Jadi itu yang kita lakukan," tutur Anies di Kompleks Parlemen, Rabu (25/9).

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru