Kemenristek Sebut Status Dosen IPB Tersangka Perancang Kerusuhan Bisa Dicabut
Nasional

Pihak Kemenristekdikti mengatakan bahwa status dosen pengajar di IPB yang merencanakan kerusuhan dan ditangkap polisi Selasa (1/10) kemarin bisa dicabut.

WowKeren - Salah satu dosen pengajar di Institut Pertanian Bogor (IPB), Abdul Basith, ditetapkan sebagai tersangka perancang kerusuhan. Dosen tersebut merekrut 2 tersangka yakni S dan OS yang memiliki keahlian dalam merakit bom. Berdasarkan penyelidikan polisi, dosen tersebut berniat untuk menggagalkan pelantikan DPR dan MPR pada Selasa (1/10) kemarin.

Mengatahui hal tersebut, Kementerian Riset, Teknologi, dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) pun segera mengambil tindakan. Sekjen Kemenristekdikti Ainun Na'im mengatakan bahwa kemungkinan status dosen Abdul Basith akan mencabut.

Proses pencabutan status dosen Abdul Basith itu rencananya akan dilakukan melalui mekanisme rapat. Sementara itu, rapat tersebut akan dilakukan setelah ada kepastian status hukum dari pihak kepolisian yang ditetapkan kepada Abdul Basith.


"Iya bisa dicabut (status dosen) aturannya gitu kalau terbukti bersalah dan selanjutnya itu nanti akan semacam itu," kata Ainun Na'im yang dilansir Detik pada Rabu (2/10). "Itu nanti ada prosesnya dengan jelas kalau ada ASN itu terkena masalah tersangka dan ditahan itu ada prosesnya, ada prosedurnya jelas kita akan rapat ada mekanisme."

Ainun pun mengungkapkan bahwa Kemenristekdikti sangat menyayangkan adanya dosen dari IPB yang menjadi tersangka atas kasus perencanaan kerusuhan itu. Ia berharap kejadian tersebut tidak terulang di kemudian hari.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan bahwa saat ini Abdul Basith sudah ditahan di rutan Metro Jaya bersama sembilan tersangka lainnya selama 20 hari ke depan untuk penyidikan. Ia dijerat dengan sejumlah pasal, salah satunya Pasal 1 ayat (1) UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 atas tindak pidana membuat, menguasai, membawa, menyimpan, mengangkut, menyerahkan dan atau berusaha menyerahkan bahan peledak.

Kabar adanya dosen IPB yang berencana untuk membuat kerusuhan dan merakit bom ini tentunya menggegerkan masyarakat hingga jagat sosial media. Usai ditangkapnya dosen tersebut, kata kunci "Institut Pembuat Bom" pun tiba-tiba ramai di Twitter.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru