X1 Diduga Lakukan Plagiarisme Untuk Lagu 'Flash', Netter Tak Terima Dan Bela Habis-habisan
Musik

Beberapa waktu lalu terdapat sebuah unggahan dalam forum komunitas online Intiz. Dalam forum tersebut, seorang netter menyebutkan bahwa X1 diduga melakukan plagiarisme untuk lagu debutnya 'Flash'.

WowKeren - X1 resmi debut pada 27 Agustus lalu dengan merilis album bertajuk " Quantum Leap" yang bersamaan dengan MV lagu utama berjudul "Flash". Tak hanya itu, grup ini juga menggelar premier debut showcase (Show-con) bertepatan dengan hari debutnya.

Tak main-main, debut grup ini begitu dinantikan oleh banyak orang. Hal ini terbukti dengan berbagai prestasi yang mereka dapatkan hanya dalam beberapa hari setelah debut. Namun di balik kesuksesan debut boy grup jebolan "Produce X 101" itu terdapat beberapa isu yang tak menyenangkan.

Beberapa waktu lalu terdapat sebuah unggahan dalam forum komunitas online Intiz. Dalam forum tersebut, seorang netter menyebutkan bahwa X1 diduga melakukan plagiarisme untuk lagu debutnya "Flash". Dalam forum itu, netter tersebut juga melampirkan tangkapan layar WikiTree yang menyebut "Flash" menjiplak lagu berjudul "Helium" milik DJ Tiesto.

X1 Diduga Lakukan Plagiarisme Untuk Lagu \'Flash\', Netter Tak Terima Dan Bela Habis-habisan

Intiz

Dalam unggahan tersebut, juga disebutkan bahwa "Flash" memplagiat intro dan musik dari DJ Tiesto tersebut. Namun alih-alih mempercayai hal itu, netter lain dalam forum tersebut justru membela X1. Beberapa netter menolak percaya bahwa kedua lagu itu sama dan bahkan tak bisa disebut plagiat.

Netter yang membela X1 menyebutkan bahwa kedua lagu tersebut terdengar familiar namun tak pantas disebut plagiat. Berikut bunyi pembelaan netter dalam forum Intiz:

"Oh ... kamu yakin?"

"Rasanya mirip tetapi itu bukan plagiarisme. Lagu-lagunya sangat berbeda."


"Apa ...? Aku mendengarkan kedua lagu dan itu berbeda..."

"Yaa… Aku tidak tahu tetapi ada beberapa bagian yang terasa serupa…"

"Aku benar-benar tidak tahu... Ini tidak sama."

"Apakah kamu benar-benar berpikir itu terdengar sama..? Aku bahkan tidak merasakan hal itu dari awal hingga akhir."

"Aku bukan penggemar X1, tapi ini tidak sama..."

"Tidak ada yang serupa.."

"Apa? Aku mendengarkan keduanya dan itu sangat berbeda..."

"Adakah yang bisa memberitahuku bagian yang sama...?"

"Plagiarisme adalah masalah sensitif... jadi jangan sebutkan jika kamu tidak yakin.."

"Aku mendengarkan sekarang, tetapi aku tidak tahu di mana letak persamaannya."

Di sisi lain, album debut X1 juga telah berhasil memecahkan rekor terkait penjualan album mereka di situs Hanteo. "Quantum Leap" telah mencapai penjualan minggu pertama tertinggi untuk album debut dalam sejarah Hanteo Chart yang pernah diraih oleh artis K-pop.

(wk/putr)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terbaru