Sederhana dan Mudah Diterapkan, Ini 8 Cara Minum Kopi Biar Lebih Nikmat Juga Sehat
Kuliner

Minum kopi dengan cara yang salah dan berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk menghindari itu, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan agar bisa mengkonsumsi kopi dengan lebih sehat.

WowKeren - Kopi adalah salah satu minuman yang digemari banyak orang karena cita rasanya yang khas dan lezat. Kopi juga sering dikonsumsi saat akan begadang atau memulai aktivitas.

Hal ini disebabkan karena secangkir kopi dapat menambah energi dan menghilangkan rasa kantuk karena kandungan kafein di dalamnya. Selain itu, kopi juga diklaim mampu meningkatkan kinerja dan performa.


Meski demikian, konsumsi kopi yang salah dan berlebihan justru dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Sebab asupan kafein yang terlalu tinggi bisa membuat seseorang mengalami dehidrasi. Apalagi jika ditambah dengan berbagai pemanis, sebab bisa menambah kalori.

Tapi untuk kamu pecinta kopi jangan khawatir dulu. Sebab ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk minum kopi dengan baik dan tidak mengganggu kesehatan. Mau tahu apa itu? Simak informasi selengkapnya berikut ini.

(wk/eval)

1. Usahakan untuk Makan Terlebih Dulu Sebelum Meminum Secangkir Kopi


Usahakan untuk Makan Terlebih Dulu Sebelum Meminum Secangkir Kopi

Tidak sedikit orang yang menganggap jika meminum kopi saja sudah cukup untuk mengisi energi seharian. Padahal, kandungan kafein yang ada di dalamnya justru bisa membuat tubuh melepaskan insulin. Akibatnya, kadar gula dalam tubuh akan menurun.

Selain itu, kopi juga bisa membuat nafsu makan menurun dan jadi kenyang seharian meski perut belum terisi makanan. Karena itulah, kebutuhan karbohidrat dan nutrisi untuk beraktivitas seharian tidak terpenuhi. Jadi, sebaiknya usahakan untuk makan terlebih dahulu sebelum meminum kopi ya.

2. Gunakan Gula yang Lebih Sehat dan Hindari Pemanis Buatan pada Kopi


Gunakan Gula yang Lebih Sehat dan Hindari Pemanis Buatan pada Kopi

Beberapa kopi kemasan yang dijual di pasaran memiliki kandungan gula dan pemanis buatan yang cukup tinggi. Beberapa di antaranya bahkan melebihi asupan gula yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, jika membeli kopi kemasan sebaiknya jangan menambah gula lagi untuk menghindari risiko obesitas.

Jika ingin menyeduh kopi hitam murni, sebaiknya gunakan gula yang lebih sehat. Misalnya gula yang terbuat dari stevia, sirup maple atau gula kelapa.

3. Gunakan Air yang Telah Disaring dan Gunakan Kertas Filter untuk Menyaring Kopi


Gunakan Air yang Telah Disaring dan Gunakan Kertas Filter untuk Menyaring Kopi

Saat menyeduh kopi kita biasanya menggunakan air panas yang telah direbus sebelumnya. Meski demikian, usahakan untuk menyaring air terlebih dahulu agar benar-benar terjaga kebersihannya.

Selain itu, gunakan juga kertas filter untuk menyaring kopi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari zat-zat berbahaya yang ada di dalamnya, seperti zat kafestol dan kahweol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Dengan demikian, kita bisa menjaga kandungan kafein dan antioksidan yang ada di dalamnya.

4. Takar Kopi dengan Wajar Sebelum Diseduh dan Diminum


Takar Kopi dengan Wajar Sebelum Diseduh dan Diminum

Profesor Budhi Setianto Purwowiyoto, guru besar Fakultas Kedokteran UI mengatakan kalau takaran kopi yang wajar adalah 3-4 cangkir per hari. Satu cangkir kopi diperkirakan mengandung sekitar 100 miligram kafein.

Menurut Profesor Budhi, konsumsi kafein harian tidak boleh melebihi 500 miligram. Namun bagi beberapa orang yang peka terhadap kafein sebaiknya waspada terhadap tanda jantung berdebar setelah minum kopi.

5. Perhatikan Waktu Minum Kopi, Hindari Jam-Jam Tertentu


Perhatikan Waktu Minum Kopi, Hindari Jam-Jam Tertentu

Ketika akan meminum kopi, sebaiknya perhatikan waktunya juga. Agar kandungan kafein di dalamnya tidak sampai mengganggu jam tubuh yang bisa berdampak pada gangguan tidur, agar kualitas tidur tidak menurun.

Waktu terbaik minum kopi adalah saat pagi hari setelah makan, agar sistem pencernaan berjalan dengan lancar. Selain itu, sebaiknya jangan minum kopi di atas jam 2 siang, agar waktu tidurmu tidak terganggu. Tapi jika ingin mengkonsumsi kopi di sore hari, usahakan 4-6 jam sebelum tidur. Tujuannya agar efek kafein kopi dalam tubuh bisa berkurang saat masuk jam istirahat.

6. Hindari Mencampur Kopi dengan Bahan Tertentu untuk Mengurangi Risiko Diabetes


Hindari Mencampur Kopi dengan Bahan Tertentu untuk Mengurangi Risiko Diabetes

Dewasa ini ada banyak sekali orang yang mencampur kopi dengan bahan makanan lain, seperti krimer atau susu tinggi lemak. Meskipun tidak salah, sebaiknya hal ini mulai dikurangi.

Hal ini disebabkan karena tambahan tersebut bisa jadi sumber kalori ekstra yang berujung pada risiko diabetes hingga penyakit jantung. Tapi jika ingin tetap mencampur kopi dan krimer, lebih baik cari krimer alami. Sebab krimer alami bisa mengurangi perut kembung dan mengandung sedikit laktosa. Tapi ingat, jangan terlalu sering ya mencampur kopi dan krimer.

7. Ingin Minum Kopi dengan Lebih Sehat? Tambahkan Saja Kayu Manis


Ingin Minum Kopi dengan Lebih Sehat? Tambahkan Saja Kayu Manis

Kayu manis adalah salah satu bahan terbaik yang bisa ditambahkan ke dalam secangkir kopi. Hal ini disebabkan karena kayu manis mampu memberikan berbagai manfaat baik untuk kesehatan. Selain itu, kayu manis juga dapat menurunkan gula darah dan membantu mengurangi kandungan gula yang ditambahkan ke dalam kopi.

Menariknya lagi, rasa kayu manis dan kopi bisa menyatu dengan sempurna, sehingga jadi kombinasi yang tepat. Selain itu, jika kalian mencampur kayu manis ke dalam kopi, kalian tidak perlu menambah gula lagi, sebab kayu manis bisa menjadi pemanis alami.

8. Jangan Konsumsi Kopi dan Rokok Bersamaan, Bisa Berpengaruh Buruk Pada Kesehatan


Jangan Konsumsi Kopi dan Rokok Bersamaan, Bisa Berpengaruh Buruk Pada Kesehatan

Ada banyak sekali orang yang merokok dan mengopi di waktu yang sama. Padahal, sejumlah penelitian telah menjelaskan jika hal ini bisa meningkatkan asupan kafein dan memicu terjadinya kesehatan yang parah. Karena itu, sebaiknya jangan meminum kopi bersamaan dengan merokok ya agar kesehatanmu lebih terjaga.

Demikian delapan cara minum kopi yang lebih menyehatkan dan nikmat. Simak juga artikel ini untuk mengetahui delapan jenis kopi Indonesia yang memiliki cita rasa unik. Selain itu, kalian juga bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui cara penyajian kopi di Indonesia yang juga super unik.

You can share this post!

Related Posts