Peringatan Ulang Tahun Ke-150, Abu Jenazah Aktivis Mahatma Gandhi Hilang Dicuri
Dunia

Kejadian cukup menggemparkan baru-baru ini terjadi di India setelah abu jenazah dari aktivis dan tokoh kemerdekaan Mahatma Gandhi hilang diambil oleh pencuri.

WowKeren - Kejadian cukup menggemparkan telah terjadi di India setelah abu jenazah dari aktivis dan tokoh kemerdekaan Mahatma Gandhi hilang dicuri. Abu jenazah dari Mahatma Gandhi ini sebelumnya tersimpan di Bapu Bhawan, Rewa, Madhya Pradesh, India.

Pencurian tersebut dilakukan tepat di hari peringatan ulang tahun Mahatma Gandhi yang ke-150 tahun. Pihak kepolisian Rewa, negara bagian Madhya Pradesh telah mengkonfirmasi terkait adanya pencurian abu Mahatma Gandhi.

Kini polisi sedang menyelidiki siapa pelaku yang nekat mencuri abu dari tokoh kemanusiaan yang sangat berjasa bagi kemerdekaan India tersebut. Polisi menyebutkan jika pencurian ini merupakan tindakan tak bermoral yang merugikan integrasi nasional dan protes pelanggaran pelanggaran perdamaian.

Abu dari Mahatma Gandhi ini telah tersimpan di lokasi tersebut sejak kematiannya pada tahun 1948. Mahatma Gandhi meninggal dunia setelah dibunuh oleh seorang ekstrimis Hindu.

Kala itu Gandhi yang merupakan seorang Hindu telah dibenci oleh sekumpulan masyarakat dengan agama sama yang beraliran keras. Mereka memandang sosok Gandhi sebagai seorang penghianat karena tindakannya yang mengadvokasi persatuan Hindu-Muslim di India.


Hingga saat ini, anggapan tersebut masih melekat di sejumlah masyarakat Hindu beraliran keras di India. Anggapan ini terbukti saat terjadinya kasus pencurian abu Gandhi ini dimana sang pencuri juga meninggalkan coretan kata "Penghianat" bewarna cat hijau di lokasi tempat abu tersebut disemayamkan.

Pencurian ini pertama diketahui oleh slaah satu penjaga Bapu Bhawan yang bernama Mangaldeep Tiwali. Menurut pengakuan Mangaldeep, dirinya telah membuka gerbang Bhawan pada dini hari karena hari itu akan diadakan sebagai peringatan ulang tahun Gandhi. Kemudian saat dirinya kembali, abu tersebut sudah hilang dan mengalami kerusakan.

"Saya membuka gerbang Bhawan dini hari karena itu adalah hari ulang tahun Ghandi," ujar bernama Mangaldeep Tiwali seperti dilansir dari BBC.com pada Jumat (4/10). "Ketika saya kembali sekiar pukul 23.00 (waktu setempat), saya menemukan abu Ghandi hilang dan posternya rusak."

Polisi lantas segera mengambil tindakan untuk menginvestigasi pencurian ini setelah pemimpin partai politik kongres lokal, Gurmeet Singh melayangkan laporan. "Kegilaan ini harus dihentikan. Saya mendesak Polisi Rewa untuk memeriksa kamera CCTV yang dipasang di dalam Bapu Bhawan," kata Gurmeet Singh.

Mahatma Gandhi sendiri merupakan salah satu orang paling berpengaruh di dunia atas sejumlah aksi kemanusiaan yang telah dilakukannya semasa hidup. Sebagian besar orang India hingga kini masih mengenangnya sebagai bapak bangsa.

Atas pencapaian luar biasanya yang telah menginspirasi banyak orang di dunia, abu jenazah Gandhi pun tidak dihanyutkan di sungai seperti kebanyakan umat Hindu lainnya. Abu jenazah dari Mahatma Gandhi ini lantas disimpan di Bapu Bhawan agar orang-orang dari penjuru dunia dapat datang dan mengenang seluruh jasanya.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait