Peringati HUT TNI ke-74, Jokowi Naikkan Anggaran Kesejahteraan Jadi Rp 131 Triliun
Nasional

Jumlah tersebut naik sebesar Rp 10 triliun dari anggaran sebelumnya yang hanya berkisar Rp 121 triliun. Peningkatan anggaran ini sebagai upaya mewujudkan kesejahteraan bagi tentara.

WowKeren - Presiden Joko Widodo memimpin upacara parade dan defile Peringatan HUT Ke-74 TNI Tahun 2019 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10). Dalam kesempatan itu, Jokowi mengatakan akan meningkatkan anggaran pertahanan pada 2020 menjadi Rp 131 triliun.

Jumlah tersebut naik sebesar Rp 10 triliun dibanding anggaran periode sebelumnya yakni Rp 121 triliun. Adapun peningkatan anggaran tersebut berkaitan dengan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan dan fasilitas kerja bagi TNI.

"Alokasi anggaran pertahanan tahun 2019 sebesar Rp 121 triliun," kata Jokowi. "Akan dinaikkan menjadi lebih dari Rp 131 triliun di tahun 2020."

Tak cukup sampai di situ, upaya Jokowi untuk mensejahterakan TNI juga dilakukan dengan mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit hingga 30 tahun. Selain itu, pemerintah juga akan meningkatkan tunjangan kinerja hingga 80 persen.


Selain Jokowi, sejumlah pejabat negara juga terlihat hadir dalam upacara tersebut. Salah satunya Wakil Presiden Jusuf Kalla yang yang datang bersama sang istri, Mufida Kalla. Ada pula Wapres terpilih Ma'ruf Amin.

Terkait puncak peringatan HUT TNI ini, beberapa jalur menuju Halim Perdanakusuma telah dialihkan. Bagi pengguna jalan yang datang dari arah Kosekhanudnas I, maupun pertigaan Puspomau yang akan menuju ke arah komplek Dwikora/Trikora/Rajawali melalui pos Karetan, akan dialihkan melalui Pos Makasar.

"Menggunakan rute alternatif memutar, melalui Pos Makasar dan masuk melalui Pos Gapura," ujar Komandan Pangkalan TNI AU Halim Marsekal Pertama TNI Tonny Harjono dalam surat edaran yang seperti dilansir dari Detik, Sabtu (5/10). Sementara untuk kendaraan yang datang dari komplek Dwikora/Trikora/Rajawali, yang akan menuju komplek Skadron /Dirgantara melalui Pos Karetan menggunakan rute Pos Gapura.

Bagi masyarakat yang ingin menyaksikan upacara parade ini, ada kantong parkir yang disediakan di area parkir di Lapangan Suroso, Pura Lanud Halim P, Lapangan Danu Setiawan, Sathar 23 dan Skadik 502/504. Adapun akses untuk menyaksikan secara langsung hanya bisa dilakukan melalui pintu Bamin dan Brigan.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait