Renovasi Rumah Capai Rp 2,4 M, PSI Ingatkan Anies Soal Darurat Sanitasi Warga Grogol
Instagram/aniesbaswedan
Nasional

Diberitakan sebelumnya, warga Grogol, Petamburan, Jakarta Barat belum memiliki sarana sanitasi yang memadai sehingga mereka harus membuang limbah rumah tangga langsung ke sungai.

WowKeren - Rencana renovasi rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang memerlukan anggaran mencapai Rp 2,4 miliar menuai protes dari sejumlah pihak. Pasalnya, jumlah tersebut dinilai terlalu besar.

Salah satu yang mempertanyakan rencana tersebut adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Anggota Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta, William Aditya Sarana mengingatkan Pemprov DKI akan hal yang lebih prioritas, seperti pemenuhan sanitasi warga Jakarta Barat.

Diberitakan sebelumnya, warga yang tinggal di Grogol, Petamburan, Jakarta Barat, saat ini tengah mengalami darurat sanitasi. Tidak adanya septic tank di rumah warga membuat mereka masih membuang limbah rumah tangga di sungai sehingga mencemari lingkungan.

"Menurut saya lebih penting untuk kita memperbaiki sanitasi warga di daerah Grogol yang sempat diberitakan," kata William dilansir dari Suara, Senin (7/10). "Daripada menganggarkan perbaikan rumah gubernur. Urgensi-nya lebih baik dianggarkan untuk sanitasi warga di Grogol."


Sebelumnya, William juga sempat mengkritisi rencana anggaran rumah Anies yang jumlahnya mencapai miliaran rupiah itu. Menurutnya, penganggaran itu perlu dikaji ulang.

"Anggaran spesifik itu harus dikaji lagi urgensi-nya seperti apa," tegas William. "Apakah memang harus dibutuhkan di tengah adanya daerah Kampung warga di Grogol yang kurang sanitasi."

Terkait masalah sanitasi warga Tanjung Duren, William akan mengecek apakah Pemprov sudah menganggarkan dana atau belum. Jika belum, maka harus segera dianggarkan. Jika sudah, juga harus dilihat seberapa jauh penyerapan anggaran tersebut.

"Harus dicek dulu apakah sudah dianggarkan atau belum," tutur William. "Kalau belum dianggarkan, kalau sudah dianggarkan kita harus cek dulu serapannya apakah sudah diserap dengan baik atau enggak."

Sementara itu, warga Gang Sekretaris RT 15, RW 07, Tanjung Duren, Grogol Petamburan, Jakarta Barat menagih janji Anies saat kampanye Pilgub 2017 lalu. Kala itu, Anies berjanji untuk membangun sanitasi yang sehat di wilayah mereka. Namun sejak terpilih menjadi Gubernur DKI, Anies belum pernah lagi mengunjungi kampung tersebut.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru