Kawasan Wisata Kawah Putih Bandung Kebakaran, 15 Hektare Lahan Ludes
Nasional

Kebakaran yang melanda kawasan wisata Kawah Putih terjadi sejak Senin (7/10) siang pukul 14.00 WIB. 15 hektare lahan yang terbakar didominasi oleh cantigi, pakis andam, dan alang-alang.

WowKeren - Kebakaran melanda kawasan wisata Kawah Putih yang ada di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Senin (7/10) siang. Kebakaran terjadi sekitar pukul 14.00 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat luas lahan yang terbakar mencapai 15 hektare. Akibat kebakaran tersebut, sejumlah tanaman dan pohon hangus terbakar.

Dampak dari kebakaran di Kawah Putih Ciwidey, lahan terbakar sekitar 15 Ha," kata Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Jabar Budi Budiman Wahyu lewat keterangan tertulisnya seperti dilansir dari Liputan 6, Selasa (8/10). Adapun lahan yang terbakar didominasi oleh pohon cantigi, pakis andam, dan alang-alang.

Untuk melakukan assessment ke lokasi kejadian, BPBD Provinsi Jawa Barat telah berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bandung. Tak hanya itu, BPBD Jabar juga telah melakukan pendampingan ke lokasi kejadian kebakaran lahan.


Sebagai langkah penanganan awal, unit pemadam dari Dinas Kebakaran telah diterjunkan untuk melakukan penyiraman. Pembuatan parit juga dilakukan untuk mencegah agar api tidak semakin meluas.

Hingga Selasa (8/10) dini hari, api masih terus menyala. "Penanganan selanjutnya akan dilaksanakan pagi Ini. Sampai dengan pukul 03.00 WIB, api masih menyala," ujar Budi.

Sebelumnya, Kasi Pemadaman dan Investigasi Dinas Damkar Kabupaten Bandung M. Saepuloh menuturkan bahwa para petugas mengalami kendala saat berada di lapangan. "Kita juga terkendala dengan sinyal komunikasi yang kurang baik karena TKP termasuk kawasan blank spot," kata Saepuloh dilansir dari Kumparan, Selasa (8/10).

Kebakaran tak hanya terjadi di kawasan Kawah Putih namun juga melanda sejumlah wilayah di kabupaten Bandung. Pusdalops BPBD Jabar mencatat, luas lahan terbakar sejak Sabtu (5/10) total mencapai 241 hektare. Adapun lokasi kebakaran berada di Desa Pasir Huni Kecamatan Cimaung, Desa Mangun Jaya Gunung Sangar, dan Puncak Besar Pacet Kecamatan Pangalengan, serta Gunung Malabar yang ada di Desa Mekarmaju, Kecamatan Arjasari.

(wk/zodi)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru