Kesulitan Tangani Kebakaran Di Kawah Putih, Pemkab Bandung Minta Bantuan BNPB
Nasional

Pemkab Bandung merasa kesulitan untuk menangani kebakaran yang terjadi di objek wisata Kawah Putih karena medannya yang sulit. Mereka pun meminta bantuan kepada BNPB.

WowKeren - Tidak hanya di Kalimantan dan Sumatera kebakaran hutan pun melanda kawasan wisata Kawah Putih yang ada di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat pada Senin (7/10) siang kemarin. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat mencatat luas lahan yang terbakar saat ini mencapai 15 hektare.

Atas kasus kebakaran tersebut, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kabupaten Bandung meminta bantuan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Mereka meminta agar BNPB mengatasi kebakaran hutan yang ada di kawasan objek wisata itu karena medan lokasi kebakaran yang sulit.

"Ini bencana nasional karena skalanya sudah tidak bisa lagi sama dua atau tiga unit mobil pemadam, bahkan 10 mobil pun tidak akan mati," ungkap Kasi Pemadaman dan Investigasi Diskar PB Kabupaten Bandung, M Saepuloh. "Karena medannya tinggi, kemiringannya 60 derajat, personil kita kesulitan."

Oleh karena itu, Saepuloh mengatakan bahwa pihaknya telah mieminta bantuan BNPB atas arahan Bupati Bandung. Mereka akan mengajukan permohonan untuk meminjam pesawat bom air.


Sejauh pihaknya masih berusaha agar kebakaran tidak sampai ke pemukiman warga. Sementara itu, jarak rumah warga dengan kawasan Kawah Putih terbilang cukup jauh yakni sekitar 5 kilometer.

"Yang kita amankan warga," ujar Saepuloh yang dilansir Antara pada Selasa (8/10). "Kalau kawah itu kan jauh dengan pemukiman warga, masih berjarak sekitar 5 kilometer, masih aman."

Sementara itu, kebakaran tak hanya terjadi di kawasan Kawah Putih namun juga sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung. Pusdalops BPBD Jabar mencatat, luas lahan terbakar sejak Sabtu (5/10) total mencapai 241 hektare. Adapun lokasi kebakaran berada di Kecamatan Cimaung, Kecamatan Pangalengan, dan juga Kecamatan Arjasari.

Tak hanya itu, baru-baru ini BMKG juga mencatat adanya tujuh titik panas di Jawa Barat. Beberapa titik panas itu berlokasi di Kabupaten Bandung, Karawang, Majalengka, Purwakarta, dan juga Sukabumi.

(wk/wahy)

You can share this post!

Related Posts