Instagram Hapus Fitur 'Following' Minggu Ini, Pengguna Tak Bisa Stalking Lagi
Tekno

Fitur 'Following' yang bisa ditemukan di tab ber-ikon hati ini akan hilang secara menyeluruh dalam waktu satu pekan. Usai dihapus, tab tersebut hanya akan memuat aktivitas pengguna sendiri.

WowKeren - Aplikasi Instagram akan menghapus fitur "Following" di tab aktivitas pengguna mereka. Keputusan ini diambil demi menyederhanakan platform berbagi konten foto dan video tersebut. Selain itu, fitur "Following" ini juga dinilai tidak banyak difungsikan oleh pengguna.

"Para pengguna tidak selalu tahu bahwa aktivitas mereka muncul (di akun orang lain). Jadi ada kasus dimana fitur tersebut tidak melayani tujuan utamanya, tapi juga membuat orang-orang terkejut ketika aktivitas mereka muncul (di akun pengguna lain)," terang Head of Product Instagram, Vishal Shah, dilansir BuzzFeed News pada Rabu (9/10). "Kesederhanaan menjadi faktor utama (menghilangkan fitur 'Following')."

Diketahui, Instagram pertama kali memunculkan fitur tersebut pada 2011 silam. Saat pertama kali diluncurkan, fitur "Following" ini menjadi tempat terbaik untuk menemukan konten baru lantaran pengguna Instagram bisa melihat apa saja yang disukai oleh teman-teman yang mereka ikuti.


Namun, seiring berjalannya waktu, Instagram juga menambah fitur "Explore" yang jauh lebih baik dalam memunculkan konten baru yang menarik. Sehingga, fitur "Following" kini sudah kehilangan fungsinya dan lebih sering digunakan oleh pengguna untuk memata-matai aktivitas teman mereka di Instagram alias stalking.

Fitur "Following" yang bisa ditemukan di tab ber-ikon hati ini akan hilang secara menyeluruh dalam waktu satu pekan. Usai dihapus, tab tersebut hanya akan memuat aktivitas pengguna sendiri.

Sementara itu, dilansir techcrunch, fitur "Following" yang akan dihapus ini sangat disukai oleh para penggemar gosip. Pasalnya, fitur ini memungkinkan pengguna mengetahui siapa saja yang diikuti oleh selebriti favorit mereka yang terkadang menjadi indikasi dari sebuah hubungan baru, entah yang bersifat pribadi maupun profesional.

Meski demikian, fitur ini juga dinilai kerap membuat pengguna terlalu banyak mengetahui soal minat teman mereka. Contohnya adalah pengguna bisa mengetahui akun kucing lucu yang diikuti teman mereka, namun pengguna juga akan mengetahui seberapa banyak model Instagram yang disukai oleh teman mereka.

(wk/Bert)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel