Pasca Kerusuhan, 102 Pengungsi Kembali Ke Wamena Dengan Hercules
Nasional

Sebanyak 102 pengungsi di Jayapura sudah kembali ke Wamena, Papua dengan menggunakan pesawat Hercules pada Rabu (9/10) usai kerusuhan yang terjadi di sana.

WowKeren - Kerusuhan yang terjadi di Wamena, Kabupatem Jayawijaya, Provinsi Papua sudah mereda. Akibat kerusuhan tersebut, ribuan masyarakat yang tinggal di Wamena berbondong-bondong mengungsi di Jayapura.

Kini, sebanyak 102 pengungsi sudah dipulangkan kembali ke Wamena. Mereka diterbangkan dengan menggunakan pesawat Hercules dari Base Ops Lanud Silas Papare menuju Wamena pada Rabu (9/10) hari ini.

"Saya baru bertemu dengan 102 masyarakat yang hari ini akan kembali ke Wamena setelah mengungsi di Jayapura," tutur Menkopolhukam Wiranto yang dilansir oleh Kompas pada Rabu (9/10).

Wiranto mengatakan bahwa pemerintah dan aparat terus berusaha meyakinkan para pengungsi agar bersedia kembali ke Wamena karena saat ini situasinya sudah kondusif. Masyarakat setempat di Wamena pun menginginkan agar para pengungsi bisa segera kembali dan beraktivitas seperti biasanya.

"Mereka yakin bahwa aparat keamanan akan menjaga keamanan mereka, akan menjaga kondisi yang kondusif," kata Wiranto. "Mereka juga yakin bahwa masyarakat-masyarakat Wamena telah menjamin untuk tetap hidup berdampingan, hidup rukun dan terus menjaga persaudaraan."


Wiranto mengklaim bahwa sebagian besar pengungsi di Wamena ingin tetap beraktivitas di lokasi tersebut. Sama halnya dengan para pengungsi di Jayapura yang secara perlahan sudah bersedia untuk kembali ke Wamena.

"Setelah kemarin bertemu dengan para pengungsi di Wamena, dengan para tokoh agama, dengan pemuka adat, kita bicara dari hati ke hati dan akhirnya kita simpulkan bahwa banyak masyarakat yang tetap ingin tinggal di Wamena," ucapnya. "Di sini pun (Jayapura) tadi kita bertemu dengan para pengungsi, mereka ingin tetap untuk melanjutkan hidup mereka di Wamena sesuai dengan profesi masing-masing."

Saat ini diketahui bahwa total pengungsi dari Wamena yang telah berada di Jayapura mencapai 16 ribu orang. Sebagian besar dari mereka dievakuasi menggunakan pesawat Hercules dan sisanya menggunakan pesawat komersil.

Sementara itu, saat ini TNI sudah menyiapkan 3 pesawat Hercules di Jayapura untuk menerbangkan para pengungsi ke Wamena. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memastikan bahwa TNI juga siap memfasilitasi penerbangan ke beberapa kebupaten lain yang sempat bergejolak.

"Di Jayapura kita siapkan 3 Hercules yang ingin kembali ke Wamena," katanya. "Untuk ke Ilaga, kita siapkan heli dari Timka, dari Merauke kita juga siapkan Hercules. Alusista milik TNI berupa pesawat kita siapkan untuk pengungsi yang ingin kembali ke tempat masing-masing."

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru