Wakili Milenial Di DPR, Puteri Komarudin Ingin Lawan Rentenir
Nasional

Puteri Komarudin yang berumur 26 tahun telah resmi menjadi DPR mewakili generasin milenial. Berdasarkan latar belakanya, ia pun memiliki misi untuk melawan para rentenir.

WowKeren - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) periode 2019-2024 resmi dilantik pada 1 Oktober lalu. Selain diisi oleh beberapa artis papan atas, DPR kali ini juga diduduki oleh Puteri Komarudin yang mewakili generasi milenial.

Wanita berumur 26 tahun itu berharap mendapatkan posisi di Komisi XI. Hal ini karena Puteri ingin memberikan rakyat program nyata di bidang keuangan. Salah satu program yang ingin diusung oleh mantan pegawai Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ini yaitu pemberantasan pinjam uang melalui rentenir.

Program ini menjadi salah satu misi yang ingin dilakukannya setelah blusukan ke rumah-rumah warga selama 8 bulan di dapilnya, yakni Jawa Barat 7. Selain itu, ia memilih fokus terhadap masalah tersebut karena latar belakangnya yakni ekonomi dan keuangan.

"Kalau aku sendiri karena aku dari background keuangan dan ekonomi, aku fokus ke satu masalah," ujar Puteri yang dilansir oleh Kumparan pada Rabu (9/10). "Masalah rentenir yang nantinya akan aku dorong ketika insyaallah aku ditugaskan di Komisi XI."


Alumni Universitas Melbourne jurusan ekonomi ini mengatakan bahwa rantai jasa pinjam melalui rentenir memiliki dampak banyak. Hal ini karena rentenir menghitung bunga peminjaman uang tanpa ada payung hukum yang mengaturnya.

Hal ini menimbulkan dampak sosial yang luas mulai dari perceraian, terganggunya psikologis, bahkan tak jarang berujung bunuh diri. Puteri pun mengatakan bahwa rentenir merupakan isu yang paling sentral di semua desa yang dikunjunginya.

"Jadi isu rentenir ini salah satu isu yang paling sentral di semua desa yang aku kunjungi," ujar Puteri. "Di mana isu rentenir ini juga menimbulkan masalah sosial lain."

Kader dari Partai Golkar ini masalah rentenir tersebut dapat segera dibenahi selama ia menjabat. Sehingga seluruh lapisan masyarakat bisa mendapatkan jasa keuangan di badan yang legal dan diawasi oleh negara.

"Jadi dari yang sudah aku capture, karena tidak mungkin aku bisa fokus ke setiap permasalahan yang ada di Indonesia, dengan latar belakang aku, aku mengambil benang merah yaitu tadi rentenir ini," kata putri dari Ade Komarudin itu.

(wk/wahy)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait