Robert Downey Jr. Ternyata Sengaja Tak Mau Ajukan Diri untuk Nominasi Oscar, Kenapa?
Getty Images/Timothy Hiatt
Film

Pekan lalu pihak Walt Disney Studios telah mengirimkan 11 kategori untuk pertimbangan nominasi Oscar, namun nama Robert Downey Jr. sama sekali tidak disertakan di dalamnya.

WowKeren - Pekan lalu, Disney secara resmi memulai kampanye Oscar mereka untuk film "Avengers: Endgame". Disney telah mempertimbangkan seri lanjutan "Avengers: Infinity War" ini untuk masuk dalam sejumlah kategori di Oscar.

Namun sayangnya, banyak penggemar Marvel Cinematic Universe (MCU) yang merasa kecewa begitu mengetahui bahwa Robert Downey Jr. tidak termasuk dalam daftar tersebut. Tentunya fakta ini cukup mengejutkan, mengingat bahwa sebelumnya banyak yang percaya bahwa penampilan akhir Robert Downey sebagai Tony Stark layak dipertimbangkan masuk dalam nominasi Aktor Terbaik di ajang Oscar.

Akan tetapi, belum lama ini Robert Downey mengungkapkan fakta sebenarnya di balik keputusan Disney yang tak mencantumkan namanya. Ketika tampil dalam acara "The Howard Stern Show", aktor "Sherlock Holmes" ini menjelaskan bahwa Disney bukannya tidak memasukkannya dalam kampanye Oscar, namun itu merupakan keputusannya sendiri yang tidak mau berpartisipasi.

"Aku senang kau membahas hal ini karena beberapa hari ini ada pembicaraan soal itu (memasukkan namaku di kampanye Oscar), dan aku mengatakan, 'Jangan'," tutur aktor berusia 54 tahun tersebut. "Tampil di film MCU adalah hadiah tersendiri."


Dalam acara ini, Robert Downey juga sempat membahas perihal sindiran yang diberikan oleh Martin Scorsese pada film-film Marvel. Aktor "Spider-Man: Homecoming" ini mengapresiasi pendapat Martin, karena menurutnya semua orang berhak beropini. Namun ia mengklaim kalau faktanya saat ini Marvel telah merajai industri perfilman dunia.

"Film-film itu muncul di bioskop. Aku akan mengatakan yang sebenarnya, aku tidak berharap (Marvel Studios) menjadi seperti apa dan inilah Hydra yang sangat besar dan berkepala banyak pada saat ini," tuturnya.

Sebelumnya, kampanye Disney untuk membawa "Avengers: Endgame" ke ajang Oscar ini terungkap dari laman Disney For Your Consideration, di mana situs tersebut memberikan nama untuk 11 kategori. Termasuk diantaranya adalah Best Picture untuk "Avengers: Endgame", Best Director untuk Anthony dan Joe Russo dan Best Adapted Screenplay untuk penulis Christopher Markus dan Stephen McFeely.

Pertimbangan lain juga diajukan untuk Best Cinematography, Best Editing Film, Best Production Design, Best Costume Design, Best Makeup and Hairstyling, Best Sound Mixing, Best Sound Editing, Best Visual Effects dan Best Original Score.

Di sisi lain, "Avengers: Endgame" tentunya menjadi film tersukses Marvel Studios dan Disney yang berhasil memecahkan beragam rekor di box office. Bahkan seri keempat "The Avengers" ini berhasil menggeser posisi "Avatar" sebagai film terlaris di dunia.

Menilik dari beragam pencapaian gemilang ini, tentunya wajar jika film tersebut digadang-gadang bakal mendulang penghargaan di ajang Oscar nantinya. Terlebih film Marvel sebelumnya, "Black Panther", juga mendapatkan sejumlah kemenangan dalam ajang penghargaan paling bergengsi tersebut tahun lalu. Jadi bukan hal yang mustahil apabila "Avengers: Endgame" kembali mengulang kesuksesan.

(wk/luth)

Follow Berita WowKeren.com di Google News

You can share this post!

Rekomendasi Artikel
Berita Terkait
Berita Terbaru